Minggu, 06 Agustus 2017

SWEDIA

Kostum pengantin Minang memikat publik Swedia
Minggu, 6 Agustus 2017 09:01 WIB - 2.029 Views
Pewarta: Zeynita Gibbons


London (ANTARA News) - Kostum pengantin Minang lengkap dengan suntiang yang menghias kepala diaspora Indonesia menarik perhatian masyarakat Swedia dalam acara karnaval Landskrona Karnevalen di kota Landskrona di selatan Swedia, Sabtu (5/8).

Sekitar 40 diaspora Indonesia berasal dari berbagai kota di selatan Swedia terdiri dari ibu rumah tangga, para suami yang berkewarganegaraan asing dan anak-anak serta mahasiwa mengenakan busana daerah Indonesia milik KBRI Denmark.

Mereka mengikuti karnaval terbesar di Swedia yang diadakan sejak 1992 setiap bulan Juli.

"Kami ingin bangsa Swedia memahami kesamaan budaya Indonesia yang juga suka anak-anak seperti bangsa Swedia," kata penanggung jawab tim Indonesia, Nina Mussolini-Hansson kepada Antara London, Sabtu.

Landskrona Karnevalen adalah karnaval terbesar di Swediayang  menampilkan beragam artis, dari artis profesional Swedia maupun dari klub tari dihadiri sekitar 300 ribu penonton, baik penduduk setempat maupun turis. 

Acara dimeriahkan dengan tivoli atau tempat bermain anak-anak dan pesta kuliner dari berbagai negara.

Puncak acara Landskrona Karnevalen adalah pawai yang diikuti Tim Indonesia berjalan dan bergoyang dengan diiringi lagu Maumere, Sinanggar Tulo, Angin Mamiri, musik Dayak dan musik Minangkabau. 

Gerimis yang turun tidak membuat peserta kehilangan semangat, begitu melihat antusiasme penonton yang berjubel di sepanjang jalan.

Di sepanjang jalan pusat kota Landskrona, tempat pawai berlangsung, publik berebut memotret tim diaspora Indonesia, terutama pengantin Minang yang menggunakan suntiang kepala khas Minang.  

Tidak jarang penonton menyetop pengantin untuk mengambil gambar. 

"Wow! kalian sangat meriah. Kostum kalian sangat indah dan berwarna-warni. Boleh saya foto bersama sebentar?" ujar seorang penonton bernama Kristin Petterson, saat melihat kostum pengantin Minang.

Diaspora Indonesia tergabung dalam Indonesia Bagus Dance Club, membawakan tiga tarian mewakili pulau di Indonesia, yakni Tari merak dari Jawa Barat, Tari Kipas dari Sulawesi dan Tari Maumere dari NTT. 

Ratusan penonton memadati panggung menyaksikan tim Indonesia menari. Kehadiran Indonesia, bagi sebagian besar penonton menjadi alternatif tontonan baru Landskrona Karnevalen yang selama ini didominasi Amerika Latin dan Samba.

Acara yang diinisiasi Pemda Landskrona melibatkan berbagai institusi dan perusahaan Swedia. 

"Tujuan kami membuat public awereness tentang Indonesia di kalangan publik Swedia cukup berhasil. Apalagi dijadikan cover youtube resmi Landskrona Karnevalen 2017," ujar Nina Mussolini-Hansson. 


Editor: Monalisa

Tidak ada komentar: