Rabu, 30 Agustus 2017

GUATEMALA

RI-GUATEMALA RAYAKAN 25 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK  
     Oleh Zeynita Gibbons   
   London,28/8 (Antara)-Kedutaan Indonesia untuk Republik Guatemala  berkedudukan di Mexico City mengelar budaya bertajuk "The Magic of Indonesian Dances," di Universitas San Carlos Guatemala City memperingati 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia  dan Guatemala.
        Dubes RI untuk Meksiko Serikat merangkap Belize, El Salvador, dan Guatemala, Yusra Khan mengatakan pagelaran seni tari Indonesia merupakan salah satu kegiatan peringatan yang akan mempererat kedekatan hubungan kedua negara.
        Pensosbud KBRI Meksiko City Febby Fahrani kepada Antara London, Senin mengatakan untuk merayakan  25 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Guatemala, Kedutaan Besar  Indonesia untuk Republik Guatemala yang berkedudukan di Mexico City sengaja hadir di Guatemala City.
        Sekitar 120 undangan memadati Aula Magna Iglu  terkesima dengan tarian disuguhkan Kelompok Pakoenigrat binaan KBRI Mexico City mempertunjukan tari Remo, tari Siutte Manis, tari Merak, tari Rantak, tari Panyembrama, tari Serampang Dua Belas, tari Anging Mamiri, dan tari Yapong.
         Wakil Menteri Luar Negeri Guatemala Alicia Castillo menyampaikan hubungan diplomatik yang telah terbina selama 25 tahun ini semakin dipererat dan ditingkatkan di berbagai bidang.
        Dekan Sekolah Ilmu Politik Universitas San Carlos, Dr Marcio Palacios Aragón, menyampaikan kegiatan pertunjukan budaya Indonesia memberikan kesempatan kepada civitas akademika Universitas San Carlos mengenal budaya Indonesia.
        Dubes Yusra Khan mengundang mahasiswa Guatemala untuk belajar budaya Indonesia melalui skema beasiswa Darmasiswa, yang sampai saat ini baru diikuti dua mahasiswa Guatemala sejak diselenggarakan pada 2013.
        Ketua Pusat Studi Asia Universitas San Carlos, Leonel Monterosso menyampaikan apresiasi atas inisiatif Indonesia memperingati 25 Tahun Hubungan Diplomatik kedua negara di lingkungan kampus yang didirikan tahun 1676 ini.
        KBRI Mexico City dan Indonesian Trade Promotion Center-Mexico City, bekerja sama dengan Kamar Dagang Guatemala mengelar pertemuan Bisnis dihadiri sekitar 50 pengusaha Guatemala dari berbagai sektor dan kalangan pemerintah.
        Kepala ITPC Mexico City, Banni Ramadhani, dalam kesempatan itu memaparkan program Pemerintah RI untuk meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia Guatemala, yaitu Trade Expo Indonesia 2017 dan Primaduta Award 2017. (ZG)****2****
(T.H-ZG/B/M.A. Iskandar/M.A. Iskandar) 28-08-2017 18:37:23


Tidak ada komentar: