Minggu, 20 Agustus 2017

MEKSIKO


pobtrans.gif
WNI-DIASPORA DI MEKSIKO PERINGATI HUT PROKLAMASI 
     Oleh Zeynita Gibbons

    London,18/8 (Antara) - Sekitar 100 warga Indonesia dan diaspora  di Meksiko  mengikuti upacara pengibaran  Bendera Merah Putih oleh Paskibraka KBRI Mexico City memperingati detik-detik Proklamasi  Kemerdekaan RI ke-72 di halaman kantor KBRI di Mexico City,   Kamis (17/8).
         Upacara juga diikuti Konsul Kehormatan RI di negara bagian Monterrey, Álvaro Barrera Segovia, dan negara bagian Jalisco, Miguel Ángel Lares Rojas serta sekitar 25 pelajar sekolah Colegio Indonesia di Coacalco, kata Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Jumat.
         Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, selaku pembina upacara, menyampaikan amanat Presiden RI yang disampaikan di hadapan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah RI.
          Kebesaran Indonesia karena bangsa Indonesia sudah teruji oleh sejarah, bisa tetap kokoh bersatu sampai menginjak usianya ke-72 tahun. Untuk itu, kita bersyukur kita tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbhinneka tunggal ika.
         Upacara ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai
ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia dan mensyukuri kemerdekaan RI sebagai momentum untuk bekerja meneruskan pembangunan.   
      Potongan tumpeng tahun ini diserahkan kepada kedua Konsul Kehormatan RI yang dengan gigih  mempromosikan Indonesia di wilayah akreditasinya di Meksiko. Potongan tumpung juga diserahkan kepada Direktur Colegio Indonesia, Yoxtalepetl Escamilla Olguin, yang mengharumkan nama Indonesia melalui sekolah dengan nama Indonesia yang dikelolanya.
           Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 diisi dengan penganugrahan Satya Lencana Karya Satya kepada Kepala dan Wakil Kepala Indonesian Trade and Promotion Center ¿ Mexico City dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.
         Sajian nasi kuning dan Sate Maranggi mewarnai kehangatan ramah tamah antar sesama Warga Negara Indonesia beserta keluarga dan kerabat yang turut menghadiri upacara.
            Kehangatan dan kebersamaan masyarakat dan diáspora Indonesia dalam memperingati HUT RI tahun 2017  terasa pada Pesta Rakyat Indonesia  di Quinta Colorada - Bosque de Chapultepec, hutan seluas 7 hektar di jantung kota Mexico City.
         Acara Pesta Rakyat Indonesia 2017 diwarnai dengan kegiatan Gerak Jalan Santai,  aneka perlombaan keluarga, dan panggung gembira  dengan tampilan tari tradisi, musik dangdut, dan musik angklung, serta group band dari sekolah Colegio Indonesia.
    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 18-08-2017 10:52:07


pobtrans.gif

Tidak ada komentar: