Rabu, 30 Agustus 2017

QATAR

UMUM - INDONESIA JUARA BOWLING HUT ASEAN DI QATAR
     Zeynita Gibbons

      London, 21/8 (Antara) - Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Kejuaraaan Bowling ASEAN ke-5 yang diadakan "ASEAN Committee in Doha (ACD)" di Qatar Bowling Centre di Doha, akhir pekan.
          Kemenangan tersebut merupakan kedua kali sejak ACD dibentuk tahun  2011 dan merupakan kado istimewa bagi Indonesia yang baru saja memperingati HUT RI ke-72, kata  anggota Working Grup ACD, Boy Dharmawan kepada Antara London, Senin.
          Turnamen digelar  memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ASEAN ke-50, diikuti tim Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.
          Kejuaraan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan mempererat tali silaturahmi antara perwakilan dan komunitas negara anggota ASEAN di Qatar.
          Indonesia merebut tiga mendali yaitu juara tunggal putra dan juara ketiga untuk tunggal putri dan beregu campuran.
          Filipina yang merupakan langganan pemenang juara umum sebelumnya hanya berhasil merebut juara beregu campuran. Malaysia merebut  gelar runner-up beregu campuran, dan Brunei tampil secara mengejutkan dengan menggondol single putri.
          Sedangkan Thailand berhasil merebut runner-up tunggal putra.  Kejuaraan tersebut juga diliput oleh media Qatar antara lain Qatar Tribune, Gulf Times, The Peninsula dan beberapa media Qatar lainnya.
            Ketua ASEAN Community in Doha (ACD),  Dubes Soothorn Chaiyindeepum, dari Thailand  menyampaikan rasa suka cita dengan pelaksanaan dan peserta kejuaraan dan menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia dan Filipina yang bertindak sebagai tuah rumah turnamen.
          Dubes Soothorn mengharapkan  turnamen ini tidak hanya  meningkatkan  hubungan persaudaraan dan kebersamaan antar komunitas, keluarga dan staf perwakilan negara ASEAN juga menjadikan komunitas ASEAN di Qatar menjadi lebih kompak dan bersinergi.
           Ketua ACD yang menjabat sejak awal Januari 2017 lalu mengharapkan tim yang bertanding menjaga dan memperkuat rasa persaudaraan antara warga ASEAN lainnnya sehingga dapat  menjadi contoh  bagi komunitas lainnya.
          Sementara itu Dubes Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn)  Muhammad Basri Sidehabi  didampingi Ketua DWP KBRI Doha, Andi Una Sidehabi, menyampaikan kegembiraannya atas keberhasilan Indonesia mempertahankan juara umum.
          Dikatakannya  keberhasilan ini berkat  strategi dan upaya kerja keras yang dilakukan tim. ¿Keberhasilan mempertahankan juara umum ini membuktikan  Indonesia memiliki potensi  yang dapat diandalkan.
          Semoga kemenangan ini akan melengkapi upaya diplomasi multi track guna meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Qatar serta kerjasama antara perwakilan RI dan negara-negara asing lainnya khususnya Perwakilan  ASEAN di Qatar,¿ ujar  mantan Ketua Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia ini.
     Menurut anggota Working Grup ACD, Boy Dharmawan,  kejuaraan ini tidak hanya untuk mempromosikan ASEAN yang berjumlah sekitar 300 ribu semakin dikenal di Qatar.
          Turnamen ini juga bagian dari mensosialisasikan ASEAN sebagai organisasi komunitas yang kompak dan solid serta dapat dijadikan model bagi keberhasilan organisasi regional khususnya di Timur Tengah.
    ***4***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 21-08-2017 05:25:12


Tidak ada komentar: