Minggu, 06 Agustus 2017

ITALIA

RI-WFP SEPAKAT PERERAT KERJA SAMA KETAHANAN PANGAN 
     Oleh Zeynita Gibbons

    London,3/8 (Antara) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI berkedudukan di Roma, Italia, Esti Andayani menyatakan kesepakatan dengan World Food Program (WFP) untuk penguatan kerja sama dalam ketahanan pangan.
         Esti Andayani menyampaikan hal itu saat menyerahkan Surat Penunjukan sebagai Wakil Tetap Pemerintah Indonesia untuk World Food Program (WFP), organisasi humaniter terdepan di dunia dalam mengatasi bahaya kelaparan/kelangkaan pangan dan memerangi kekurangan gizi pada anak-anak.
            Dalam acara yang dilaksanakan di Markas Besar WFP, Roma, Dubes Esti Andayani didampingi pejabat Fungsi Multilateral KBRI Roma menyampaikan surat penunjukannya  kepada Direktur Eksekutif WFP, David Muldrow Beasley, demikian Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Charles F. Hutapea kepada Antara London, Kamis.
            Pada kesempatan itu, Dubes Esti Andayani menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kerja sama antara Indonesia dan WFP selama ini.
            Hal ini  ditandai antara lain dengan berbagai aktivitas pengembangan kapasitas teknis dalam hal peningkatan ketahanan pangan, promosi perbaikan kesehatan gizi anak, serta peningkatan kesiap-siagaan dan tanggap darurat dalam menghadapi bencana.
          Dubes Esti Andayani mengharapkan kerja sama dengan WFP  semakin solid dan berdampak riil bagi ketahanan pangan dan peningkatan nutrisi anak-anak di Indonesia  Meski Indonesia telah mencapai swasembada pangan, namun masih dihadapkan pada tantangan lainnya  dibidang pangan dan nutrisi, ujar Dubes Esti Andayani.
          Pemerintah Indonesia juga mengharapkan agar WFP lebih banyak merekrut dan melibatkan ahli di Indonesia khususnya dalam bidang pangan, nutrisi dan penanganan bencana dalam program WFP.
          Sementaga itu Direktur Eksekutif David Beasley sebagai negara besar di kawasan Asia-Pasifik. Indonesia memiliki arti penting bagi WFP antara lain dalam program global WFP pemberian makanan dan peningkatan nutrisi anak sekolah di seluruh dunia.    
     Direktur Eksekutif David Beasley dan Dubes Esti Andayani sepakat dalam menghadapi tantangan peningkatan gizi anak  kerja sama Indonesia dan WFP sangat besar artinya.
          Hal itu antara lain ditandai dengan dukungan WFP bagi program peningkatan gizi anak sekolah di Indonesia baik melalui Program Gizi Anak Sekolah di Indonesia tahun 2017 (ProGas) di tingkat nasional, ataupun di tingkat provinsi melalui program dukungan nutrisi anak-anak dan pemberdayaan petani lokal di Serang, Jawa Barat.
        World Food Programme (WFP) merupakan lembaga bantuan kemanusiaan PBB terbesar di dunia, dalam hal bantuan pangan dan nutrisi, dibentuk 1961 berkantor pusat di Roma, Italia.
        Sejak April tahun 2017, David Muldrow Beasley dari AS ditunjuk bersama  Sekjen PBB dan Dirjen FAO sebagai Executive Director (ED) WFP masa tugas lima tahun, menggantikan Ms. Ertharin Cousin juga dari AS.

    ****2****


(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 03-08-2017 06:25:21

Tidak ada komentar: