Minggu, 06 Agustus 2017

SWEDIA

RENDANG TOURNEDOS WARNAI GALA DINNER DI SWEDIA
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 3/8 (Antara) - KBRI di Stockholm mengadakan acara Gala Dinner  jamuan makan malam dengan sajian  nasi kuning dilengkapi dengan rendang Tournedous sebagai main course dan hiburan musik.
         Gala Dinner sajian masakan Indonesia itu  dihadiri  pengusaha, tokoh masyarakat dan kritikus kebudayaan berlangsung  di Wisma Duta, di Lidingö, Stockholm, Selasa(1/8) malam waktu Swedia.
         Mengawali acara jamuan makan malam, Dubes Bagas Hapsoro menyampaikan sambutan selamat datang kepada undangan sahabat Indonesia, demikian keterangan KBRI Stockholm yang diterima Antara London, Kamis
    Dubes mengatakan salah satu cara  merealisasikan kerjasama antar bangsa adalah menampilkan kombinasi antara kesenian, makanan dan pertunjukan serta pameran. Diharapkan hadirin tidak saja datang sebagai turis tetapi juga investor  menanamkan usahanya di Indonesia.
         Masih banyak potensi bisnis dan kebudayaan yang perlu digarap lebih lanjut. Untuk itu Kedubes RI di Stockholm siap membantu, ujarnya.
         Sementara itu Kepala Protokol Kemlu Swedia, Dubes Klas Molin menyampaikan dukungannya atas inisiatif KBRI di Stockholm  menggalakkan awareness tentang Indonesia ini. Dikatakan Mei lalu Raja Swedia Carl Gustaf XVI dan isterinya Ratu Silvia mengunjungi Wisma ini kemudian tiga minggu berikutnya ke Indonesia.
         Kunjungan kenegaraan Raja Carl XVI Gustaf ke Indonesia merupakan momentum untuk meningkatkan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, pendidikan dan riset, energi, lingkungan, dan pertahanan.
         Pakar Kuliner William Wongso memberikan penjelasan mengenai menu masakan yang disiapkannya. Beberapa masakan tradisional Indonesia yang kaya akan rasa dibantu  asisten (sous-chef), yaitu Herman Ade dan Shanti Serat.
         William Wongso menyajikan tiga macam hidangan.Sebagai minuman selamat datang berupa Kunyit Asam dengan Vodka atau Tequila (Rim pakai garam cabai kering).
         Kemudian sajian makanan kecil (canape)  yang terdiri dari Bakwan Jagung Cumi dan Sumpia Udang, untuk hidangan pembuka (apatizer) disajikan aneka Ratna Mutu Manikam, yang terdiri dari Lawa, selada Banka, Sate Lilit Bali. Sebagai main course dihidangkan nasi kuning Tournedous.
         Para undangan dengan antusias mencoba dan memberikan pujian atas cita rasa yang tinggi dari hasil masakan William Wongso yang menyatakan variasi masakan Indonesia juga diperkaya oleh cita rasa masakan  negara lainSelain itu, disajikan pula makanan ringan seperti lapis legit saus kopi alpukat dan jongkong. Teh dan kopi yang disajikan merupakan kopi dan teh asli Indonesia.
         Pada kesempatan itu Saung Mang Udjo juga mempertunjukan kebolehannya dengan memainkan beberapa lagu, yaitu antara lain: Chiquitita, Kokoro notomo, Besame Mucho, Imagine dan Love.
         Bersamaan dengan kegiatan Wonderful Indonesia pada acara Putte I Parken yang diadakan tiga hari sebelumnya, kegiatan terpadu ini promosi kuliner, musik, dan  wisata mampu membuka wawasan masyarakat Swedia, lebih dalam seni budaya, kuliner dan beragam fashion dari Indonesia
    Sementara itu Ebbie Vebrie Adrian dalam menyampaikan pandangan tentang foto-yang didokumentasikan  mengenai Indonesia sebagai negara yang besar, kaya akan budaya dan keindahan alam serta memiliki arti yang penting bagi Swedia.  Selain sumber daya alam mempunyai nilai tinggi, keragaman masyarakat menarik dipelajari.

    ***1***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 03-08-2017 06:00:54

Tidak ada komentar: