Minggu, 06 Agustus 2017

LONDON

KBRI LONDON GELAR FORUM DISKUSI SDG
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 5/8 (Antara) - KBRI London bekerja sama dengan "the International Institute for Strategic Studies" (IISS) mengadakan forum diskusi "the Sustainable Development Goals (SDGs)" di Arundel House, London, Inggris, Sabtu.
         Dr. Yanuar Nugroho, Deputi II Bidang Kajian dan Pengelolaan Program Prioritas, Kepala Staf Kepresidenan, bertindak sebagai pembicara utama dalam forum itu.
         Forum Diskusi terkait Komitmen SDGs dan inisiatif "Open Government Partnership" di Indonesia dihadiri  berbagai elemen yang terdiri dari pejabat KBRI London, peneliti senior IISS, pemerintah Inggris, akademisi, pengusaha dan mahasiswa, demikian Pensosbud KBRI London Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Sabtu.
         Dalam paparannya, Dr Yanuar Nugroho yang juga anggota Delegasi RI dalam perumusan Agenda Pembangunan Pasca 2015 di PBB, menyampaikan perkembangan pelaksanaan komitmen masyarakat internasional terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan inisiatif Open Government Partnership, dengan secara khusus mengangkat studi kasus di Indonesia.
         Diakui implementasi 17 tujuan SDGs oleh negara di dunia, sebagai agenda pembangunan global yang baru untuk periode 2016-2030 (Agenda Pembangunan Berkelanjutan Pasca-2015), masih mengalami tantangan, karena kompleksitas terkait proses kebijakan dan komitmen politik.     
    Dalam kasus Indonesia, guna menerjemahkan agenda global SDGs di tingkat nasional (dari pusat hingga daerah), Pemerintah Indonesia mencoba memetakan kaitan dan kompatibilitas antara sembilan cita dalam Nawacita dengan tujuh belas tujuan dalam SDGs.
         Didampingi Koordinator Fungsi Politik KBRI London, Andalusia Tribuana Tungga Dewi, Dr Yanuar Nugroho memaparkan contoh keberhasilan Indonesia, dalam hal ini Kabupaten Bojonegoro, dalam menjalankan prinsip utama OGP yaitu bagaimana pemerintah melalui keterbukaannya, bisa melayani publik.***2***

(T.H-ZG/C/M. Anthoni/M. Anthoni) 05-08-2017 22:25:24


Tidak ada komentar: