Kamis, 29 Mei 2008

GITARIS BALAWAN

D0300508000211 30-MAY-08 SBH JKT
GITARIS BALAWAN TAMPIL MEMUKAU DI BRUSSEL

London, 30/5 (ANTARA) - Gitaris I Wayan Balawan, "the magic finger", menggelar pertunjukkan eksklusif di panggung Wisma Duta KBRI Brussel.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa (UE), Nadjib RIPHAT Kesoema berduet dengan Balawan tampil mempesona para undangan yang terdiri dari berbagai diplomat negara sahabat.

PLE Priatna dari KBRI Brussel dalam keterangannya yang diterima ANTARA London, Jumat menyebutkan kelompok pengiring fusi Balawan dengan kostum Bali, mendendangkan hit lagu yang sarat dengan nuansa Bali yang membuat penonton ikut bergoyang.

Tak kurang dari Duta Besar Malaysia untuk Uni Eropa, Datuk Mohamad Kamal Yan Yahya dan Duta Besar Brunei Darussalam untuk Uni Eropa, Pengiran Ali Hasyim Yusof fans berat Balawan hadir di tengah penggemar Balawan, ujarnya.

Wisma Duta di Tramlaan menjadi panggung eksklusif grup Balawan memamerkan kemahiran petikan gitar dan gabungan alunan gamelan Bali dalam tembang popular, "Siapa Bisa Bilang" dari album terbarunya.

Grup Balawan sebelumnya tampil memikat, dalam acara Pasar Malam Besar (Pasar Tong-Tong) di Den Haag 22-23 Mei lalu dan mengisi acara "jam session" di Grand Cafe Brussel.

Masyarakat Eropa mengagumi kepiawaian si jari ajaib memainkan gitar "talk-box" ala Jeff Back dengan nuansa alunan gamelan rindik Bali yang amat kental.

Atribuf Bali yang dilantunkan amat menjual dan menjadi ikon yang melekat di publik Eropa. Balawan yang tampil penuh dalam dua jam durasi pertunjukkan di Wisma Duta ini memberikan suguhan aktraktif yang langka.

"Jam session" dengan pukulan gendang Made Agus Wardana, seniman asal Bali, staf KBRI Brussel melantunkan lagu Janger dalam ritme mengadu petikan gitar Balawan yang khas dan gebukan kendang ala Made, mendapatkan tepukan kagum dari para hadirin.

Duta Besar Malaysia di Brussel, ikut berdendang meramaikan dengan pilihan lagu betawi Jali-jali. Tak ketinggalan Duta Besar Brunei Darussalam bernyanyi trio dengan Balawan.
Balawan mendapat respons hangat dan decak kagum pengemar di Brussel. Gitaris Balawan dengan atribut tradisi Bali menjadi daya pikat perhatian masyarakat Eropa ke Indonesia yang belum tertandingi.

Kemahiran "the magic finger" memetik gitar benar-benar sebuah keistimewaan dan alunan gamelan Bali yang dikemas jazz-rock menjadi daya pikat yang akbrab dengan telinga masyarakat Eropa.

Promosi wisata Indonesia mengunakan medium musik menjadi pilihan untuk menggugah perhatian masyarakat Eropa, yang telah terbukti mendapatkan apresiasi yang tinggi dan respons yang hangat. (U-ZG)
(T.H-ZG/B/M020/M020) 30-05-2008 03:55:08

Tidak ada komentar: