Jumat, 16 Mei 2008

MUSEUM ALAT MUSIK PRAHA

D0160508000819 16-MAY-08 SBH JKT

MUSEUM ALAT MUSIK PRAHA GELAR PAMERAN GAMELAN


London, 16/5 (ANTARA) - Irama Gending Mugi Rahayu, Singa Nebah dan Ketawang Suboketuwo membahana dalam gedung Museum Alat Musik Praha.


Kelompok gamelan itu didaulat untuk menjadi musik pengiring peresmian pameran gamelan di Praha, Ibukota Republik Ceko.


Pameran yang dibuka Direktur Jenderal Urusan Museum, Michal Lukes berlangsung dari tanggal 15 Mei hingga 2 November, demikian Sekretaris I Pensosbud KBRI Ceko, Azis Nurwahyudi kepada ANTARA, London, Jumat.


Acara pembukaan yang dihadiri kalangan diplomatik seperti Duta Besar Peru, Atase Kebudayaan Cina dan India, para seniman dan masyarakat Praha diawali dengan penampilan Tari Gabor dari Bali yang ditampilkan empat penari binaan KBRI Praha.


Menurut Azis Nurwahyudi, pameran gamelan yang diadakan di museum tersebut merupakan kerjasama KBRI dengan Museum Praha yang merupakan salah satu kegiatan dalam peringatan 50 Tahun Perjanjian Kebudayaan Indonesia-Ceko.

Selain penampilan Gending Mugi Rahayu, Singa Nebah dan Ketawang Suboketuwo, juga ditampilkan Gamelan Bali dalam lagu Tulang Lindung oleh Vaclav Torjan dan Julian Nicau, siswa penerima darmasiswa.

Dikatakannya pameran Alat Musik Tradisional yang disebut dengan nama Etnika Muzika tersebut merupakan acara Museum Nasional Ceko bekerjasama dengan KBRI Praha. (T.H-ZG/C/T010/T010) 16-05-2008 11:07:34

Tidak ada komentar: