Sabtu, 10 Mei 2008

KOMISI XI DPR DI DOHA , QATAR

D0080508000929 08-MAY-08 INF JKT

KOMISI XI DPR CARI MASUKAN MENGENAI BANK SYATIAH DI DOHA , QATAR


London, 8/5 (ANTARA) - Delegasi Komisi XI DPR RI yang dipimpin Asman Abnur S.E. Msi mengadakan kunjungan kerja ke Doha, Qatar untuk mencari masukan mengenai praktek serta mekanisme dan regulasi masalah perbankan Islam atau yang dikenal dengan Syariah di Doha, Qatar.


Delegasi DPR RI didampingi Duta Besar RI untuk Qatar H.M. Rozy Munir melakukan sejumlah pertemuan dengan jajaran pimpinan tiga bank besar di Qatar, yaitu Qatar Islamic Bank (QIB), Qatar National Bank (QNB) dan Al Safa Islamic Qatar Central Bank, demikiam Achmad Sudrajat kepada ANTARA London, Kamis

Selain itu mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Shura Qatar serta ulama ahli fiqh dan ahli ekonomi Islam dan perbankan syariah terkemuka di Qatar Sheikh Dr. Ali Muhyiddin Al Qurahdaghi yang diadakan di Wisma Indonesia Doha.


Kunjungan kerja Delegasi DPR RI ke Qatar ini mendapatkan sambutan dari seluruh insitusi yang merasa terhormat dan bangga karena dijadikan salah satu rujukan untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan perbankan syariah.


Ketua Delegasi DPR RI dalam setiap pertemuan meyampaikan bahwa draft RUU Perbankan Syariah yang pertama di Indonesia ini nantinya akan menjadi payung dan pedoman bagi perbankan Islam yang beroperasi di Indonesia.


Dengan pengesahan UU Perbankan Syariah nantinya diharapkan akan menjadi jembatan bagi para investor dari Timur Tengah khususnya Qatar untuk berinvestasi di Indonesia . Selama ini di wilayah ASEAN, investasi dari Timteng sebagian besar masuk melalui Malaysia dan Singapura.


Komisi XI DPR RI saat ini yang tengah memfinalisasi draft RUU Perbankan Syariah yang dilatar belakangi oleh semakin berkembang dan menjamurnya perbankan Islam di tanah air yang sayangnya belum diatur dalam UU Perbankan Syariah

Ketua Delegasi DPR RI mengatakan Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa dan mayoritas memeluk agama Islam berkeinginan untuk menarik investasi dari Timteng.


Delegasi Komisi XI DPR RI menyatakan kepuasannya atas hasil-hasil substansial dan konstruktif yang dicapai dari kunjungan kerja ke Qatar karena Informasi dan masukan yang didapat dari institusi-institusi perbankan di Qatar dan sesuai dengan harapan dan akan dapat melengkapi dan menyempurnakan draft RUU Perbankan Syariah pertama di Indonesia.


Delegasi DPR RI ke Qatar memperoleh buku-buku mengenai perbankan syariah dan asuransi Islam dari Sheikh Dr. Ali Muhyiddin Al Qurahdaghi dan tidak keberatan dialihbahasakan ke bahasa Indonesia tanpa perlu membayar royalti.


Diharapkan buku-buku sumbangan Sheikh Dr. Ali Muhyiddin Al Qurahdaghi akan menambah khasanah perbendaharaan pengetahuan mengenai perbankan syariah di Indonesia dan mendorong perkembangan perbankan syariah di Indonesia lebih pesat lagi .


(T.H-ZG/B/C001/C001) 08-05-2008 11:19:21


Tidak ada komentar: