Kamis, 15 Mei 2008

MURID DI MADRID MINATI MUSIK

D0150508002331 15-MAY-08 SBH JKT

MURID DI MADRID MINATI MUSIK TRADISIONAL INDONESIA


London, 15/5 (ANTARA) - Murid sekolah Amerika (AMS) di Madrid menaruh minat pada alat musik tradisional angklung pada acara lokakarya di tengah-tengah kegiatan bazar internasional yang diadakan di sekolah Amerika tersebut.


Bazar internasional yang dikunjungi sekitar 1.200 orang itu, selain menyelenggarakan lokakarya angklung juga mempromosikan obyek wisata dengan pemutaran DVD wisata berjudul Bienvenidos a Indonesia, serta pembagian brosur wisata, demikian Sekretaris I Pensosbud KBRI Spanyol Allen Simarmata dalam keterangannya kepada ANTARA London, Kamis.


Menurut Allen Simarmata, lokakarya yang diawali dengan pengenalan notasi angklung dan cara memainkan alat musik bambu itu menimbulkan antusiasme murid sekolah Amerika. Mereka mempelajari musik angklung yang dipandu Suyanto, lokal staf KBRI yang juga pelatih musik tradisional dengan membawakan dua lagu tradisonal berjudul Suwe Ora Jamu dan Cing Cang Keling.


Dikatakannya, pada bulan Juni mendatang, murid-murid sekolah Amerika tersebut menurut rencana akan berkunjung ke KBRI untuk mempelajari alat-alat musik tradisonal Indonesia lainnya seperti gamelan Jawa dan Bali.


Selain lokakarya angklung, stan Indonesia juga menyediakan aneka masakan Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, kue lapis legit dan lumpia. Di tenda Indonesia juga diadakan promosi produk bumbu dan makanan kemasan khas Indonesia bekerjasama dengan toko milik warga Indonesia di Spanyol.


Stan Indonesia juga diramaikan dengan aktivitas untuk mewarnai motif batik bagi anak-anak, yang disertai dengan pemberian hadiah berupa kerajinan tangan, ujarnya.


Di panggung hiburan, Indonesia menampilkan dua buah tari tradisional Tari Cenderawasih dan Panyembrama yang dibawakan Endang Kadeg dan Ida Ayu yang menetap di Madrid.


Selain Indonesia, turut berpartisipasi dalam bazar adalah negara Jepang, Korea, India, Jerman, AS, Belanda, Belgia, Italia, India, Yunani, Afsel, Spanyol dan sejumlah negara-negara Amerika Latin.(u-ZG)(T.H-ZG/B/M020/M020) 15-05-2008 15:39:23


Tidak ada komentar: