Minggu, 04 Mei 2008

GONG PERDAMAIAN DUNIA

KETUA PARLEMEN HUNGARIA SAMBUT GONG PERDAMAIAN DUNIA DI GODOLLO


London, 4/5 (ANTARA) - Ketua Parlemen Hungaria Dr. Katalin Szili mengatakan bahwa tanggal 2 Mei merupakan momentum penting dan bersejarah bagi Hungaria terutama dalam komitmennya memajukan perdamaian dunia dan kerukunan umat manusia.


Hal itu disampaikan Dr. Katalin Szili, Ketua Parlemen Hungaria pada peresmian pemasangan Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) di kota Godollo (sekitar 30 km Timur Budapest), Hungaria, demikian Sekretaris Kedua Politik KBRI Budapest Fajar Nuradi kepada ANTARA London, Sabtu.


Gong berdiameter dua meter ini dibuat dari bahan perunggu kualitas terbaik yang khusus didatangkan dari para pengrajin gamelan dari Gunung Muria, Jawa Tengah itu sebelumnya dipasang di Kota Penglai Shandong (China), New Delhi (India), Maputo (Mozambik) dan Vientiene (Laos).


Acara peresmian pemasangan Gong Perdamaian Dunia ditandai dengan pemukulan gong secara resmi oleh Mangasi Sihombing, Duta Besar RI untuk Hungaria, Kroasia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, disaksikan Dr. Katalin Szili serta mantan Presiden Hungaria Ferenc Madl, Djuyoto Suntani, Presiden Komite Perdamaian Dunia dan Walikota Godollo, Gyorgy Gemesyi,.


Dubes Sihombing mengatakan tugas memelihara dan mengawal perdamaian dan keamanan internasional merupakan tugas konstitusional bagi Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, yang senantiasa menjadi prinsip mendasar bagi politik luar negeri Indonesia selain prinsip lain seperti non-intervensi dan penyelesaian setiap sengketa secara damai.


Pada kesempatan itu Dubes Sihombing mengajak negara-negara sahabat untuk bekerja sama untuk mencapai dunia yang lebih aman, damai dan sejahtera dengan mengedepankan penyelesaian damai dan menghindari cara-cara kekerasan atau perang.


Ditekankan juga tekad negara-negara berkembang dan non-blok untuk menghapus senjata pemusnah massal termasuk senjata nuklir.


Acara peresmian tersebut tampak mendapat perhatian luas masyarakat dan peliputan media massa setempat. Dubes Sihombing berkesempatan memberikan keterangan pers kepada sejumlah stasiun TV nasional dan media cetak terkemuka Hungaria, ujar Sekretaris Kedua Politik KBRI Budapest Fajar Nuradi.


Ferenc Madl beserta seluruh masyarakat Hungaria menyambut dengan penuh kebanggaan kehadiran Gong Perdamaian Dunia yang diyakini akan lebih meningkatkan rasa saling menghormati, memahami dan menghargai antar umat manusia di Hungaria, Eropa dan dunia.***1***(U-ZG)(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 04-05-2008 01:47:12

Tidak ada komentar: