Rabu, 11 Desember 2013

GANESHA

GANESHA JEMBATAN PERSAHABATAN RI - YUNANI

London, 3/12 (Antara) - Masyarakat Yunani pecinta Indonesia yang membentuk asosiasi persahabatan Yunani Indonesia (Hellenic and Indonesian Friendship Association) yang terbentuk awal Desember menyediaan beasiswa untuk masyarakat Indonesia tingkat S2 dan S1 di IST College Athena tahun ajaran 2013/2014.

Asosiasi yang diberi nama GANESHA diresmikan di Ruang Chios, Metropolitan Hotel Athena dihadiri 60 anggota, kata Pensosbud KBRI Athena Jani Sasanti kepada Antara London, Selasa.

Salah satu bentuk kegiatan pertama organisasi ini yaitu penyediaan beasiswa kepada masyarakat Indonesia untuk tingkat S2 dan S1 di IST College Athena untuk tahun ajaran 2013/2014.

Beasiswa yang diberikan adalah berupa pengurangan biaya kuliah sebesar 50 persen. IST College adalah sekolah tinggi teknik swasta di Athena yang merupakan cabang dari London South Bank University.

Anggota GANESHA sebagian besar pernah tinggal, berlibur atau belajar di Indonesia mempunyai kedudukan seperti para mantan Duta Besar Yunani di Indonesia dan penerima beasiswa Darmasiswa dan BSBI serta warga Yunani.

Pada acara tersebut diawali dengan pertemuan pengurus GANESHA membacakan tujuan dan ART asosiasi serta pemilihan anggota Executive Board GANESHA. Executive Board terdiri dari tujuh orang Yunani pecinta Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan George Roupas, sebagai Presiden Executive Board GANESHA dan Yayat S, HOC KBRI Athena, mewakili Dubes RI Athena yang berhalangan hadir.

Mr. George Roupas menyampaikan perjalanan kariernya bertemu dengan banyak orang dari latar belakang dan budaya berbeda termasuk dari Indonesia.

Keramahtamahan dan ketulusan orang Indonesia menimbulkan kecintaannya sehingga dirinya ingin lebih memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Yunani., ujarnya.

Keinginan ini mendapat banyak dukungan dari masyarakat Yunani para pecinta Indonesia lainnya sehingga timbullah wacana untuk membentuk wadah asosiasi persahabatan Indonesia-Yunani.

Disampaikan penggunaan nama GANESHA, yang merupakan dewa permulaan dan dewa pelindung, diharapkan asosiasi dapat terus berjalan dan terlindung dari berbagai macam halangan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat dan piagam kepada Duta Besar RI Athena sebagai honorary member dan honorary President GANESHA. Gelar Presiden kehormatan akan berlaku selama Duta Besar RI bertugas di Athena, sedangkan anggota kehormatan berlaku selama yang bersangkutan menginginkannya.

Salah satu bentuk kegiatan pertama organisasi ini yaitu penyediaan beasiswa kepada masyarakat Indonesia untuk tingkat S2 dan S1 di IST College Athena untuk tahun ajaran 2013/2014. Beasiswa yang diberikan adalah berupa pengurangan biaya kuliah sebesar 50%. IST College adalah sekolah tinggi teknik swasta di Athena yang merupakan cabang dari London South Bank University.

Suasana ruang Chios yang bernuansanakan Indonesia semakin terasa dengan penyajian kuliner tradisional Indonesia yang dipersiapkan oleh pihak hotel. Nasi Goreng, Rendang, Gado-gado, Balado Terung dan Kari Ikan merupakan menu yang disajikan untuk para pecinta Indonesia.

Acara peresmian dimeriahkan dengan penampilan cultural performance tiga tarian Indonesia yaitu tari Belibis, Piring dan Cak Ning yang ditampilkan masyarakat Indonesia dan peserta BSBI dari Yunani. Sebagai penutup acara, seluruh tamu yang hadir menarikan Poco-Poco dan Sajojo bersama-sama.

KBRI menyambut baik berdirinya GANESHA yang merupakan asosiasi persahabatan Indonesia-Yunani kedua yang terbentuk sepanjang keberadaan KBRI Athena. Asosiasi Persahabatan Indonesia-Yunani pertama berdiri tahun 2002 namun sudah tidak aktif lagi sejak 2005.

Tujuan pembentukan GANESHA untuk mengembangkan persahabatan antara masyarakat dan pemerintah kedua negara kerjasama di bidang budaya dan penyebaran informasi mengenai Indonesia. GANESHA diharapkan menjadi jembatan bagi people to people contact antara kedua negara.

Pendirian GANESHA HIFA dimotori George Roupas, yang pernah bermukim di Indonesia pada tahun 1984 - 1990 sebagai CEO perusahaan Cussons di Indonesia. Bersama istrinya merupakan sahabat Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia. George dan Olga Roupas mendukung dan berperan aktif dalam setiap kegiatan mempromosikan Indonesia yang dilaksanakan oleh KBRI Athena. ***4***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 03-12-2013 07:59:52

Tidak ada komentar: