Jumat, 13 Desember 2013

MALDOVA


RI DAN MALDOVA TANDATANGANI PERJANJIAN BEBAS VISA

London, 12/12 (Antara) - Pemerintah Indonesia dan Moldova menandatangani Perjanjian Bebas Visa dalam rangka memperingati dua dekade pembukaan hubungan diplomatik,
Penandatangan kerjasama itu menandai dekade kedua sejak pembukaan hubungan diplomatik RI-Moldova, demikian Sekretaris Dua KBRI Bucharest, Hastin Bakti Asih Hasikin kepada Antara London, Kamis.

Penandatangan Persetujuan Bebas Visa untuk Paspor Diplomatik dan Dinas Indonesia-Moldova dilakukan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kemlu, Dubes Dian Triansyah Djani dengan Deputi Menteri Luar Negeri Moldova, Mr. Valeriu Chivery, di Chi,in,u di sela-sela penyelenggaraan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-1 RI-Moldova
Dirjen Amerop, Dubes Dian Triansyah Djani mengatakan penandatangan PBV tersebut merupakan langkah konkret dalam pengembangan hubungan diplomatik RI-Moldova.
Diharapkan PBV RI-Moldova akan menfasilitasi pertukaran kunjungan pejabat kedua negara yang selama ini sulit dilakukan mengingat proses aplikasi visa ke Moldova harus dilakukan melalui KBRI Bucharest di Romania.

Dalam penyelenggaraan FKB kedua belah pihak sepakat mengambil langkah strategis guna meningkatkan hubungan antara Moldova dan Indonesia, baik di bidang politik, ekonomi dan perdagangan maupun sosial dan budaya.

Indonesia dan Moldova juga akan meningkatkan kerja sama di forum multilateral seperti PBB, Dewan HAM, dan lainnya.

Di bidang ekonomi, Dubes Dian Triansyah Djani menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi melalui peningkatan kontak langsung antar pengusaha serta pertukaran informasi mengenai komoditas unggulan kedua negara.

Untuk itu, Indonesia menekankan pentingnya merevitalisasi hubungan antar KADIN kedua negara.

Angka perdagangan bilateral RI-Moldova periode Januari-Agustus 2013 tercatat sebesar 1,22 juta dolar AS atau meningkat 40 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2012 yaitu sebesar 416,5 ribu dolar AS.
Sementara itu untuk lebih meningkatkan pemahaman mengenai seni dan budaya kedua negara, Indonesia menawarkan kerja sama pertukaran pelajar melalui skema beasiswa Dharmasiswa serta penjajakan peluang kerja sama antar perguruan tinggi.

Dubes Marianna Sutadi, Duta Besar RI untuk Republik Moldova menyambut baik kunjungan Dirjen Amerop dan pelaksanaan FKB ke-1 RI-Moldova yang menunjukkan sinyal positif keinginan kedua negara untuk semakin memperdalam hubungan bilateral.

Dalam menyambut dua dekade hubungan Indonesia-Moldova, KBRI Bucharest yang merangkap Republik Moldova diadakan resepsi peringatan 20 tahun hubungan diplomatik RI-Moldova di Hotel Codru, di Chi¿in¿u. ibukota Moldova.

Moldova merupakan negara berpenduduk 3,61 juta jiwa dengan PDB sebesar 7,25 milyar dolar AS .

Ekspor utama Indonesia ke Moldova adalah tekstil, makanan, minuman beralkohol dan tembakau, produksi pertanian, mesin-mesin dan peralatan serta besi dan baja.

Sedangkan komoditas impor Indonesia dari Moldova adalah produk barang tambang dan minyak, peralatan dan mesin, bahan kimia, tekstil. ***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 12-12-2013 20:32:27

Tidak ada komentar: