Senin, 02 Desember 2013

NORWEGIA

NORWEGIA BANTU ACEH BINA PASIEN KEJIWAAN

London, 30/11 (ANTARA) - Pemerintah Norwegia membantu penanganan kesehatan jiwa, penganggaran dan pengelolaan serta pembinaan pasien kejiwaan pascapenyembuhan akibat bencana tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2004.

Hal itu disampaikan ketua delegasi Komisi F DPR Aceh H. Zuriat Suparjo, SP dari Partai Golongan Karya dalam kunjungan kerja Komisi F DPR Aceh ke Norwegia dari tanggal 26 November hingga 2 Desember mendatang.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo Dyah Wisnu Kusumawardani kepada ANTARA London, Sabtu mengatakan kunjungan kerja Komisi F DPR Aceh ke Norwegia merupakan bagian dari kerja sama Pemerintah Norwegia dengan Pemerintah Daerah Aceh yang terjalin pascatsunami tahun 2004.

Ketua delegasi H. Zuriat Suparjo mengatakan kunjungan kerja Komisi F DPR Aceh ke Norwegia dilakukan atas undangan Hedmark University College, Norwegia, kepada Komisi F DPR Aceh yang menangani bidang kesehatan yang berjumlah 10 orang.

Delegasi juga melakukan pertemuan dengan Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, R.A. Esti Andayani di Kantor Kedutaan Besar RI di Oslo.
Dalam pertemuan itu, Ketua Delegasi Komisi F DPR Aceh, Zuriat Supardjo, menjelaskan bahwa kunjungannya ke Hedmark University College dalam rangka memperoleh informasi mengenai pembinaan pasien kejiwaan pascapenyembuhan.

Dikatakannya hal ini mengingat institusi kesehatan di Norwegia memiliki pengalaman yang sangat baik, terutama dalam hal proses rehabilitasi dan reintegrasi pasien ke masyarakat.

Menurut Zuriat Supardjo, Aceh telah melalui dua fase yaitu fase konflik dan fase tsunami. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Aceh berupaya melakukan proses penyembuhan dan pembinaan pasien kejiwaan serta mengembalikan mereka ke tengah keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Dubes Esti Andayani menegaskan KBRI Oslo selalu mendukung kerja sama di bidang kesehatan ini yang sudah terjalin antara Pemerintah Daerah Aceh dengan pemerintah Norwegia, khususnya dengan Hedmark University College.

Dubes menyambut baik dilanjutkannya kerjasama ini terutama terkait program pertukaran mahasiswa serta riset antara kedua pihak.

Selain bertukar pikiran dengan civitas akademika Hedmak University College, delegasi jugs melakukan studi lapangan ke Rumah Sakit Jiwa di Norwegia untuk melihat secara langsung pendekatan pelayanan kesehatan bagi pasien kejiwaan serta pembinaannya. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/C/Kaswir/Kaswir) 30-11-2013 10:51:57


Tidak ada komentar: