Senin, 16 Desember 2013

INDUK


DINDING BADINDING MERIAHKAN HARI MIGRAN INTERNASIONAL LONDON

Oleh Zeynita Gibbons

London 16/12 (Antara) - Para pekerja Indonesia di Inggris yang tergabung dalam organisasi INDUK meampilkan tarian Dinding Badinding dari Sumatera Barat dan Poco Poco dari Sulawesi dalam acara memperingati Internasional Migran Days yang diselenggarakan Unite The Union UK, di London, Minggu.

Salah seorang anggota Indonesian Community in the UK (INDUK), Tuti Musbeth kepada Antara London, Senin mengatakan senang dan bangga bisa mewakili Indonesia dalam acara Internasional Migrant Day yang digelar organisasi Justice for Domestic Workers (J4DW) yang ada di London, Minggu.

Tuti Musbeth mengatakan dalam kesempatan tersebut INDUK menampilkan tarian Dinding Badinding dari Sumatera Barat dan Poco Poco dari Sulawesi. Selain itu juga ada penampilan kebudayaan dari negara lain seperti Filipina, India, Srilanka, Maroko dan negara Afrika.

Dikatakannya, keterlibatan anggota INDUK dalam acara yang digelar organisasi Justice for Domestic Workers (J4DW) itu dilakukan dalam upaya menjalin persahabatan dengan teman-temen migran dari negara lain.

Tuti Musbeth menyampaikan penghargaannya kepada Marisa Begonia dan J4DW yang telah mengorganisasikan acara itu dan mengundang anggota INDUK menampilkan kesenian Indonesia.

Menurut Tuti Musbeth, dalam acara perayaan internasional Migran Day juga diadakan pembahasan tentang imigrant di UK berupa open forum , ceramah yang bertema "The Modern Slaves" khususnya tentang The domestic workers under the Ties visa dengan pembicara dari anggota parlemen dari partai LibDem dan Buruh.

Panitia mengharapkan dengan digelarnya acara tersebut maka para migran dari berbagai negara akan tercipta kekompakan sesama migran dari berbagai negara yang ada di Inggris.

Dalam penampilan kesenian Indonesia anggota INDUK diwakili Tuti Musbeth, Yani Penasaran, Amal Siraj, Siti Kurniasari, Nick Muhadi, Nina Isniyah, Ann Ni dan Sariyem Parmin yang bekerja sebagai pekerja domestikatau domestic worker di London.

Tuti Musbeth kepada Antara London, Senin mengatakan senang dan bahagia bisa mewakili Indonesia dan juga bisa menjalin persahabatan dengan teman-temen migran dari negara lain.

Dikatakannya Organisai INDUK yang dibentuk beberapa tahun lalu setiap bulan mengadakan pertemuan di gedung KBRI London dengan fasilitasi dari Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb dengan mengadakan ceramahnya dan juga berbagai pelatihan keterampilan guna bekal mereka dimasa datang. ***4***
(ZG/b/a011)
arnaz
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 16-12-2013 06:30:10

Tidak ada komentar: