Rabu, 11 Desember 2013

TARI BALI

MAHASISWA BULGARIA ANTUSIAS PRESENTASI TARI BALI

Oleh Zeynita Gibbons

London, 6/12 (Antara) - Mahasiswa kelas tari Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv Bulgaria antusias mengikuti presentasi dari Dr I Nyoman Chaya, dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Antusiasme para mahasiswa terlihat dari keseriusan mereka menyimak penjelasan Dr Chaya dan pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya jawab, ujar Pensosbud KBRI Sopia, Dina Martina kepada ANTARA London, Jumat.

Dr I Nyoman Chaya, dosen ISI Surakarta memberikan presentasi di depan mahasiswa kelas tari Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv Bulgaria yang bertema "Tari dalam Kehidupan Masyarakat Hindu Bali".

Dia menjelaskan mengenai sikap-sikap dasar tari Bali, seperti "agem" atau basic standing position, "tandang" atau movement, dan "tangkep" atau penjiwaan kepada sekitar 40 mahasiswa Jurusan Tari Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv.

Sebelum memberikan presentasi, Dr Chaya membawakan tarian topeng Bali yaitu Topeng Arsawijaya dan Topeng Tua.

Presentasi dihadiri Dekan Fakultas Seni Tari yaitu Anton Andonov dan beberapa dosen tari lainnya, serta masyarakat terutama kaum muda Bulgaria yang umumnya mengaku sangat tertarik dengan kebudayaan Bali.

Presentasi diawali dengan sambutan Mr Andonov yang menyatakan kegembiraannya mendapatkan kesempatan mengenal budaya Bali .

Dia mengharapkan presentasi Dr Chaya dapat menambah wawasan serta memberikan pemahaman atau saling pengertian terhadap perbedaan budaya kedua negara kepada mahasiswa akademi tersebut.

Dr Chaya juga menginformasikan mengenai akan diselenggarakan "World Dance Day" di Kota Solo pada April 2014 yang akan diikuti oleh grup tari dari berbagai negara.

Dia mengharapkan Bulgaria dapat berpartisipasi pada event tersebut.

Antusiasme mahasiswa terlihat dari keseriusan menyimak penjelasan Dr Chaya dan pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya jawab.
Beberapa pertanyaan antara lain terkait sejarah tari Bali, pengaruh budaya lain pada tari Bali, filosofi di balik gerakan tari dan kostum yang dikenakan penari, dan jenis-jenis tari Bali.

Beberapa mahasiswa meminta Dr Chaya untuk memberikan workshop tari.

Sementara sebagian siswa lainnya langsung mengakses tarian tradisional Bali melalui internet setelah presentasi berakhir.

Presentasi Chaya merupakan kegiatan yang mengawali realisasi kerja sama (MoU) antara ISI Surakarta dengan Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Lukis Plovdiv setelah penandatanganan pada 20 Agustus 2013 lalu
Dr Chaya adalah Dosen ISI Surakarta yang ditugaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mengajar tari di KBRI Sofia selama tiga bulan, dan akan mengakhiri tugasnya pada akhir bulan Januari 2014.

Akademi Seni Tari, Musik dan Seni Rupa Plovdiv merupakan salah satu Akademi seni tari, musik dan seni lukis terbaik di Bulgaria.

Akademi tersebut memiliki tiga Fakultas yaitu Fakultas Seni Tari, Fakultas Seni Musik dan Fakultas Seni Rupa, sejak akademi tersebut didirikan telah dihasilkan lebih dari 5.000 lulusan yang sebagian besar menjadi penari, pemusik, dan seniman profesional.***4***

Budisantoso Budiman
(T.ZG)

(T.H-ZG/B/B. Budiman/B. Budiman) 06-12-2013 09:35:11


Tidak ada komentar: