Minggu, 22 Desember 2013

HARI IBU



HARI IBU DIPERINGATI DI LONDON

London, 21/12 (Antara) - Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb mengatakan pemerintah telah menetapkan Hari Ibu sebagai hari nasional untuk diperingati tidak saja di seluruh pelosok tanah air tetapi juga di luar negeri.

Hal itu disampaikan Dubes pada perayaan Hari Ibu ke 85 dan HUT DWP ke 14 tahun 2013, yang diadakan di Ruang Crutacalla KBRI London, Jumat sore.

Acara HUT Dharma Wanita dan Hari ibu tidak saja diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota DWP KBRI London tetapi juga kepala perwakilan Bank Indonesia London, dan BNI serta Manajer Garuda London dan seluruh staf KBRI London.
Lebih lanjut Dubes mengatakan Hari ibu diperingati agar seluruh warga Indonesia dapat mengenang dan memahami serta menghayati kembali peran penting kaum ibu dalam perjuangan bangsa hingga saat ini.

Seiring dengan kemajuan bangsa, perjuangan kaum perempuan Indonesia masih terus berlangsung hingga saat ini, ujarnya menambahkan karena itu peringatan Hari Ibu yang bertemakan ¿Peran Perempuan dan laki laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif dan pembangunan yang inklusif sebagai pencerminan dari perkembangan negara.

Tema ini, kata Dubes diharapkan dapat meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat bahwa keterlibatan kaum perempuan di bumi nusantara ikut mengiringi kebangkitan nasional pada tahun 1908, sehingga peran perempuan pada masa lalu dan masa kini tidak dapat diabaikan begitu saja.

"Kaum perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari warga negara. Selain itu mereka juga merupakan pejuang bangsa dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta pembangunan bangsa secara menyeluruh sesuai dengan kodrat dan kemampuannya," ujarnya.

Dubes juga mengatakan bahwa hari ini, juga diperingati HUT Dharma Wanita yang ke-14. Pendirian DWP tentunya disemangati pula oleh Hari Ibu, dimana tujuan dari DWP tidak beda dengan tujuan pergerakan perempuan Indonesia pada tahun 1928. Tema peringatan HUT DWP ke-14 adalah "Dharma Wanita Persatuan siap dan mampu berperan aktif menuju pembangunan berkelanjutan."

Peringatan Hari Ibu ke 85 dan HUT DWP ke-14 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti pembacaan Pancasila dan naskah pembukaan UUD 45 serta pembacaan sejarah singkat Hari Ibu yang disampaikan ibu Nungki Indraty, Kepala Perwakilan BNI serta Hymne Hari Ibu dan mars Dharma Wanita Persatuan .

Sambutan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Ny Nila F Moeloek disampaikan Ketua DWP KBRI London Ny Lastry Thayeb, yang menyampaikan kilas balik sejarah Dharma Wanita Persatuan yang dibentuk pada tahun 1974.

Dikatakannya DWP berupaya berkiprah sesuai dengan visi dan misi organisasi untuk mensejahterakan PNS beserta keluarga serta masyarakat bangsa Indonesia.

Sebagai antisipasi, istri PSN yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan DWP sesuai visi dan misinya melakukan kemitraan kerjasama. Ny Nila F Moeloek mengatakan DWP bisa menjadi ujung tombak untuk mengimplementasikan program pemerintah di masyarakat. DWP telah menunjukkan keberhasilan serta kejujuran dengan bekerja tanpa pamrih, semata-mata adalah kepuasan batin dan berdampak positif bagi kinerja PNS sebagai abdi pemerintah.
Rangkaian perayaan Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan tanaman pangan dalam rangka meningkatkan penghijauan di ruang kantor serta berbagai lomba yang diikuti para undangan dan ramah tamah dilanjutkan makan malam. (ZG/B/N001)
(T.H-ZG/B/N. Sunarto/N. Sunarto) 21-12-2013 14:29:00

Tidak ada komentar: