Rabu, 10 Agustus 2016

ANGKLUNG

ANGKLUNG MERIAHKAN HUT RI DI LONDON
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 8/8 (Antara) - Misi kesenian tim muhibah angklung "40 Days in Europe" yang menampilkan lagu-lagu tradisional mampu mengobati rasa kangen Tanah Air dalam temu masyarakat untuk memperingati HUT RI ke-71 di KBRI London, Inggris, Minggu (7/8) waktu setempat.

         Dalam pagelaran yang diadakan di Wisma Nusantara,  kediaman resmi Duta Besar Rizal, tim muhibah antara lain menampilkan Jali Jali dari Jakarta dan  medley lagu-lagu Batak serta Angin Mamiri dari Sulsel dan Bengawan Solo.
         Kehadiran tim angklung yang terdiri 40 remaja putra-putri dari Jawa Barat di Kerajaan Inggris dalam rangka mengikuti Aberdeen International Youth Festival (AIYF) yang diadakan di Union street Aberdeen Skotlandia, awal minggu ini.

         Ketua rombongan tim muhibah angklung "40 Days in Europe" 
Maulana M Syuhada mengatakan, meskipun bas betot tertinggal di Skotlandia karena tidak bisa masuk pesawat, pihaknya tetap tampil maksimal.

         "Terpaksa kami harus pinjam atau sewa bas betot yang disebut contra bass," ujar Maulana yang menuntut ilmu di Lancaster University.
         Tim angklung yang baru tiba dari Aberdeen setelah tampil dalam malam puncak Aberdeen International Youth Festival pada malam itu langsung menuju London agar bisa tampil dalam acara HUT RI ke-71.
         "Kami belum sempat istirahat dan bahkan belum mandi untuk bisa langsung menghibur masyarakat yang hadir dalam acara temu masyarakat," ujar Maul.
         Selain menampilkan lagu tradisional tim muhibah angklung "40 Days in Europe" juga akan membuat film dengan judul yang sama  serta membawakan lagu internasional dan  musik klasik.
         Maulana yang pernah menuntut ilmu di Technical University of Hamburg mengatakan, dari London, tim anglung melanjutkan perjalanan ke lima negara di Eropa, yaitu Prancis, Belgia, Jerman, Ceko dan Polandia.

         Selanjutnya mengikuti international Folklore Festival di selatan Ceko, di kota Cerveny Kostelec dan ditutup di International Festival of Highland Folklore di kota Zakopane Polandia.  ***4***  (ZG)

(T.H-ZG/B/S. Muryono/S. Muryono) 08-08-2016 17:54:26

Tidak ada komentar: