Rabu, 10 Agustus 2016

MEKSIKO

KBRI MEKSIKO GELAR DISKUSI ANAK ANTI KEKERASAN
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 5/8 (Antara) - KBRI Meksiko bersama Indonesian Diaspora Network (IDN) Mexico menggelar Diskusi Keluarga bertema "Aku Anak Indonesia Anti Kekerasan dan Senang Jaga Kesehatan", sejalan dengan tema utama Hari Anak Nasional 2016, "Akhiri Kekerasan Terhadap Anak".
         Diskusi yang diadakan di KBRI Meksiko dan diikuti diikuti 22 anak Indonesia tersebut dibuka Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, demikian Pensoabud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Jumat
    Dubes Yusra Khan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa anak merupakan amanah dan karunia Tuhan yang keberadaannya senatiasa harus diasuh, dijaga serta dilindungi dari perlakuan salah, kekerasan dan diskriminasi.

         Menurut Febby Fahrani, nara sumber diskusi keluarga tersebut yaitu diáspora Indonesia yang mendalami bidang kesehatan, Dr. Adita Rahma Amalia yang menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan anak, khususnya dalam memilih makanan dan jajanan yang menyehatkan.
         Sementara psikolog Fitri Khadriyati Handayani menyampaikan mengajak anak untuk pentingnya menjaga diri dari kekerasan, khususnya kekerasan seksual. Secara interaktif kedua nara sumber menjelaskan sambil mengajak bermain anak-anak yang hadir sehingga anak-anak tidak merasa bosan.
         Ketua IDN Mexico, Evi Siregar, usai Diskusi Keluarga mengatakan Anak Indonesia di Meksiko memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga diri dari kekerasan. "Anak-anak dapat memberikan jawaban yang tepat mengenai hal-hal yang harus mereka lakukan untuk menjaga diri dari kekerasan dan menjaga kesehatan diri," ujarnya.
         Kegiatan itu diakhiri dengan rangkaian perlombaan permainan anak seperti susun bendera dan pindah balon yang ditujukan untuk membangun semangat kerja tim dan kebersamaan anak Indonesia. Penyelenggaraan lomba permainan ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi anak Indonesia untuk bermain.
         Selain melakukan Diskusi Keluarga, KBRI juga mengadakan  kegiatan Bermain dan Belajar Kenal Peran dan Pekerjaan bagi anak Indonesia di Meksiko. Kegiatan ini didukung Dharma Wanita Persatuan KBRI Mexico City dan Panitia HUT RI ke-71 KBRI Mexico City.
         Kegiatan Bermain dan Belajar Kenal Peran dan Pekerjaan bagi anak Indonesia ini akan dilaksanakan di tempat permainan Kidzania tanggal 9 Agustus mendatang.
         Dengan fasilitasi tiket masuk gratis dari Perusahaan Kidzania, anak-anak diharapkan dapat bermain dan belajar mengenal aneka pekerjaan sehingga memperoleh gambaran mengenai peran yang dijalankannya dalam kehidupan masa depannya.
         Kegiatan ini direncanakan diikuti 18 anak Indonesia yang diharapkan akan bermanfaat bagi anak  untuk bermain dan berekreasi sambil belajar.
         Penyelenggaraan kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional 2016 di Meksiko dirangkaikan dengan kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 sebagai upaya menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak Indonesia yang tinggal di perantauan.
         Khusus Peringatan Hari Anak Nasional 2016 diharapkan akan menumbuhkan kesadaran akan hak, kewajiban, dan tanggung jawab anak Indonesia kepada dirinya, kepada orang tua, masyarakat, dan bangsa dan negara. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 05-08-2016 05:26:24

Tidak ada komentar: