Rabu, 10 Agustus 2016

TIMUR LESTE

DIASPORA TIMOR LESTE IKUT MERIAHKAN HUT RI 
     Zeynita Gibbons

      London, 8/8 (Antara) - Diaspora asal Timor Leste yang tergabung dalam "East Timor Oxford Comunity Dance Group" ikut memeriahkan  perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI dengan mempersembahkan tari Kakehe atau tari Kipas, tari Valsa serta tari Omalhao dari Timor.
           Perayaan HUT Kemerdekaan digelar di Wisma Nusantara kediaman Dubes RI di London, Rizal Sukma Bishops Grove, London, Minggu.
          "Kami senang diundang untuk berpartisipasi  dalam perayaan HUT RI di London," ujar Fernando usai membawakan tarian dari Timor Leste bersama rekan-rekan nya yang mengenakan busana kain tenun Timor.
           Kehadiran remaja dari Timor Leste ikut berpartisipasi dalam acara Temu Masyarakat yang diadakan dalam rangkaian HUT RI ke-71 mendapat sambutan dari para penonton."This is the first time we join the Indonesian Independence Day Celebration," ujar Fernando.
           Masyarakat Timor Leste banyak yang menetap di kota Oxford dan masih mempunyai ikatan bathin dan budaya yang kuat dengan Indonesia umumnya pindah ke Inggris setelah Timor Leste merdeka dari Indonesia pada tahun 1999 dan Portugis memberikan jaminan kepada mereka kewarganegaraan Uni Eropa. Tercatat sekitar enam ribu diaspora dari Timor Leste yang menetap di Oxford dan banyak juga yang tersebar di seluruh UK dan Ireland.
            Athan KBRI utk UK & Ireland, Kolonel Inf Rui Duarte, kepada Antara mengatakan
masyarakat Indonesia dan Timor Leste memiliki hubungan persaudaraan yg erat, kecintaan terhadap kultur budaya nusantara.

          Kehadiran mereka mempersembahkan tarian pada acara Temu Masyarakat Indonesia dalam rangka HUT RI ke 71 merupakan bentuk nyata persahabatan yang terjalin selama ini. Semoga berlanjut dengan berbagai kerjasama di bidang lainnya, demikian Rui Duarte.
           Usai tampil mengisi acara pada HUT RI ke-71 para diaspora dari Timor Leste pun berbaur dengan masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai daerah di Inggris untuk merayakan hari kemerdekaan yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia.
           Selain menikmati hiburan yang ditampilkan juga digelar bazar yang menjual berbagai kuliner  mulai dari Bakso bola-bola yang cukup dikenal dikalangan masyarakat Indonesia di London, juga ada Mpek-mpek dari Dapur Palembang, Sate ayam dari Warung Windsor serta somai dan batakor dari  Yuyun Kitchen serta nasi uduk dan nasi kucing serta bento Rendang, nasi bakar beda lengkap dengan sambel dan pete dari Enggi Kitchen.
    ***4**
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 08-08-2016 06:24:14

Tidak ada komentar: