Minggu, 28 Agustus 2016

MEKSIKO

PESTA RAKYAT DI MEKSIKO OBATI RINDU INDONESIA 
     Zeynita Gibbons

      London, 16/8 (Antara) - Pesta Rakyat Indonesia yang digelar KBRI Meksiko memperingati HUT RI  ke-71 di ibukota negeri kaktus yang berlangsung meriah berhasil mengobati rasa rindu sekitar 300 WNI terhadap Tanah Air.
          Dekorasi merah putih, keceriaan lomba dan pertandingan olahraga, keragaman budaya, dan kelezatan makanan Indonesia berhasil mengobati rasa rindu akan kampung halaman dalam acara pesta rakyat yang diadakan di Bosque de Chapultepec, Mexico City, akhir pekan.
          Pensosbud KBRI Meksiko Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa mengutip Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan mengatakan sudah menjadi kelaziman bagi perwakilan RI di luar negeri memfasilitasikan perayaan peringatan HUT RI yang ditujukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.
          Selain itu sebagai wadah bagi masyarakat Indonesia merasakan kemeriahan peringatan HUT RI meskipun jauh dari tanah air.
         Rangkaian Pesta Rakyat diawali dengan Gerak Jalan Santai yang diikuti sekitar 60 orang dilanjutkan dengan aneka lomba untuk anak dan keluarga, serta bazaar makanan Indonesia. Rasa rindu akan kelezatan mie bakso, ayam betutu, gulai kikil, nasi kuning, klepon, bubur mutiara.
         Selain itu martabak telur,  rendang, dan bakwan dapat mengobati  rasa rindu akan lagu, musik, dan tarian Indonesia  terobati dengan penampilan dari kelompok tari Mirah Delima dan Tari Bali, band Grupo Exxodo.
         Kelompok angklung dan tari Pakoeningrat binaan KBRI Mexico City, kelompok tari Anak Indonesia, dan paduan suara Darma Wanita Persatuan KBRI Mexico City.
         Pesta Rakyat Indonesia biasanya  hanya diperuntukkan untuk WNI, diaspora Indonesia, dan teman Indonesia (friends of Indonesia). Namun  tahun ini diperuntukkan untuk khalayak luas, baik masyarakat umum Meksiko maupun kalangan diplomatik yang ada di Meksiko City.
         "Sengaja penyelenggaraan Pesta Rakyat Indonesia diadakan di tempat umum dan terbuka," ujar Dubes Yusra Khan,
       Diharapkannya pesta rakyat dinikmati bersama masyarakat Indonesia dan warga Meksiko sehingga masyarakat Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan Indonesia secara luas kepada keluarga, teman, dan kerabatnya, ujarnya.

          Pesta Rakyat yang diadakan di luar lingkungan KBRI untuk pertama kalinya semakin meriah dengan kehadiran peserta Conseil International des Organisation de Festival de Folklore et de'Arts Traditionnels  Indonesia (CIOFF).
          Disela-sela lawatan misi budayanya ke Meksiko untuk mengikuti festival budaya Folkloriada Mundial de CIOFF di kota Zacatecas dan Queretaro, sejak 29 Juli lalu hingga 14 Agustus 2016.
           Pertunjukan tari Wira Rebana, tari Greget Jawara, tari Topeng Tua, tari Bubuka, tari Ginjring, tari Wiranata, dan tari Saman yang  ditampilkan CIOFF-Indonesia pada festival seni tari tradisi yang diikuti 48 negara tersebut juga ditampilkan di Pesta Rakyat Indonesia.
           Pada acara tersebut disambut hangat sekitar 400 orang pengunjung yang memadati panggung terbuka Quinta Colorada, di lingkungan hutan kota Bosque de Chapultepec seluas tujuh hektar.
           Salah seorang pengunjung yang pernah berwisata ke Indonesia, Carmen Mihalascu, menyatakan bahwa tampilan beberapa tari Bali oleh CIOFF-Indonesia membuatnya teringat pengalaman berwisata di Bali.
    ***4***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 16-08-2016 06:46:15


Tidak ada komentar: