Minggu, 28 Agustus 2016

BERLIN

RESEPSI DIPLOMATIK PERINGATI HUT RI
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 20/8 (Antara) - KBRI Berlin menggelar resepsi diplomatik memperingati HUT ke-71 kemerdekaan RI yang diadakan dalam format pesta kebun yang di Jerman dikenal dengan istilah gartenempfang.
         Acara itu diadakan di lahan kosong di jantung kota di Tiergarten Strasse 28, kata Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Berlin Fattah Hardiwinangun kepada Antara London, Sabtu.
         Di tanah kosong yang digunakan untuk pesta kebun tersebut akan dibangun gedung KBRI Berlin.
         Ia menyebutkan resepsi dihadiri 200 undangan terdiri dari berbagai kalangan, anggota korps diplomatik dan tokoh masyarakat di Jerman termasuk Dubes Sabine Sparwasser, Direktur Jenderal pada Kementerian Luar Negeri Jerman sebagai tamu kehormatan.
         Pada acara tersebut disajikan pertunjukan budaya Indonesia berupa tarian Belibis diiringi gamelan Bali.
         Tanah kosong yang akan dibangun gedung KBRI di Berlin, dimiliki Indonesia sejak tahun 2007 namun proses pembangunan gedungnya sempat tertunda.
         Pada kesempatan kunjungan kerja ke Berlin April lalu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan arahannya agar proses pembangunan Gedung KBRI Berlin itu dilanjutkan.
         Dalam pertemuannya dengan perwakilan masyarakat Indonesia di Jerman, Presiden Joko Widodo mengingatkan salah satu hal yang penting kadang dilupakan dalam hubungan bilateral antara kedua negara dengan kehadiran KBRI di ibu kota negara.
         Dubes RI di Jerman Fauzi Bowo menyatakan dengan akan pindahnya gedung kantor KBRI Berlin ke lokasi baru yang prestisius, menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Jerman. Indonesia dan Jerman telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1952.
         Menurut Dubes Fauzi Bowo sebagai ekonomi terbesar di kawasan masing-masing, dan negara demokratis, Indonesia dan Jerman diharapkan dapat memainkan peran utama di kawasan. Untuk itu, Indonesia menghargai dukungan Pemerintah Jerman dalam preparatory talks dari negosiasi Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) Indonesia - Uni Eropa.
         Kesepakatan pimpinan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di bawah kerangka Deklarasi Jakarta 2012, yang memasukkan bidang kerja sama Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, energi terbarukan dan kerja sama maritim. (ZG) ***2***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 20-08-2016 05:46:20

Tidak ada komentar: