Minggu, 28 Agustus 2016

POLANDIA

SEWA GEDUNG KBRI WARSAWA TIDAK DAPAT DIPERPANJANG
     oleh Zeynita Gibbons

   London, 16/8 (Antara) -  Duta Besar RI untuk Polandia Peter F Gontha mengatakan KBRI Warsawa perlu segera memiliki gedung karena  sewa gedung akan berakhir dan tidak dapat diperpanjang.
        Hal itu disampaikan Dubes dalam acara dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI di Warsawa, demikian  Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Warsawa Jorrie Andrean kepada Antara, Selasa.
        Gedung KBRI yang ada saat ini tidak representatif dan kurang dari segi keamanan sehingga perlu pengadaan gedung baru. "Pengadaan gedung baru juga merupakan efisiensi keuangan negara mengingat harga sewa  relatif tinggi yang harus  dibayar negara tiap bulannya," ujar Gontha.
        Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi I DPR RI dan Dubes disebutkan kunjungan DPR RI ke Polandia bertujuan untuk memberikan penguatan diplomasi parlemen terhadap pelaksanaan politik luar negeri dan pelaksanaan pengawasan DPR RI terkait pelaksanaan kebijakan Pemerintah dan APBN termasuk pelaksanaan tugas Dubes atau Perwakilan RI. Delegasi terdiri dari 13 orang dipimpin Asril Tanjung.
        Selama kunjungan di Polandia, delegasi melakukan berbagai pertemuan dengan pihak terkait antara lain Joanna Wronecka, Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Polish Defense Holding Company (Polska Grupa Zbrojeniowa/PGZ) dipimpin Arkadiusz Siwko, Komisi Luar Negeri dan Pertahanan atau parlemen Polandia yang dipimpin Przemyslaw Czarnecki (Wakil Ketua), TVP (Televisi Publik Polandia), Director of Center for International Relations Malgorzata Bonikowska dan Polska Grupa Zbrojeniowa (PGZ)/industri pertahanan negara.
        Dalam kunjungan, Komisi I DPR RI juga menyempatkan  melihat gedung baru yang diusulkan untuk gedung KBRI dan berpartisipasi dalam kegiatan "fun bike" yang diadakan oleh KBRI Warsawa dalam rangka menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan RI yang diikuti sekitar 200  masyarakat Polandia.    ***2***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 16-08-2016 15:11:07

Tidak ada komentar: