Rabu, 10 Agustus 2016

POLANDIA

POLANDIA INGIN TINGKATKAN KERJA SAMA DENGAN ASEAN
     Oleh Zeynita Gibbons
   London, 6/8 (Antara) - Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski mengatakan negara itu ingin meningkatkankerja sama dengan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

        "Menlu Polandia Witold Waszczykowski menyampaikan itu pada pertemuan 'ASEAN Committee in Warsaw (ACW)' yang dipimpin Dubes RI untuk Warsawa, Peter Frans Gontha dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN Committee in Warsaw (ACW) di Warsawa," kata Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Warsawa, Jorrie Andrean kepada Antara London, Sabtu.
        Menlu Polandia Witold Waszczykowski menyebutkan volume perdagangan Polandia-ASEAN baru mencapai sekitar tujuh miliar dolar AS atau masih lebih rendah dari potensi yang ada.
        Pertemuan yang baru pertama kali diadakan sejak ACW berdiri tahun 2013 bertujuan untuk mengidentifikasi peluang peningkatan kerja sama antara ASEAN dengan Polandia.
        Lebih lanjut Menlu Polandia juga mengatakan ingin meningkatkan kerja sama dengan ASEAN antara lain membuka pusat perdagangan di Ho Chi Minh, Vietnam dan membuka kembali kedutaan besarnya di Filipina.
        Sementara itu Dubes RI di Warsawa, Peter Frans Gontha dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN Committee in Warsaw (ACW) memimpin pertemuan ACW dengan Menteri Luar Negeri Polandia.
        Witold Waszczykowski menyampaikan ada potensi peningkatan kerja sama ASEAN dan Polandia yang dapat dilakukan di berbagai sektor di antaranya pertanian, pelistrikan, kemaritiman, alat-alat kesehatan dan bidang pendidikan.

        Ia mengatakan jumlah penduduk ASEAN sekitar 622 juta penduduk yang didominasi usia muda merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia dan ketujuh di dunia. Modalitas tersebut membuat kerja sama antara ASEAN dan Polandia akan dapat  memberikan manfaat bagi kedua pihak.  
   Pertemuan yang berlangsung kondusif itu dihadiri Kepala Perwakilan ASEAN di Polandia dan sejumlah pejabat teras Kementerian Luar Negeri Polandia di antaranya Wakil Menlu untuk kerja sama pembangunan, Afrika dan Timur Tengah, Joanna Wronecka, Direktur Multilateral, Zbiegniew Czech, Direktur Kebijakan Keamanan, Beata Peksa dan sejumlah wakil direktur serta staf.


         Sementara dari negara ASEAN, hadir Dubes Thailand Manasvi Srisodapol, Dubes Filipina Patricia Ann Villar Paez, Dubes Vietnam Pham Kien Thet dan Kuasa Usaha ad Interim Kedutaan Malaysia, Nur Azura Abd Karim. Pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab itu ditutup dengan foto bersama.(ZG)***2***


(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 06-08-2016 12:52:53

Tidak ada komentar: