Jumat, 10 September 2010

1.800 WARGA RI DI DUBAI RAYAKAN LEBARAN

1.800 WARGA RI DI DUBAI RAYAKAN LEBARAN

Jakarta, 11/9 (ANTARA) - Konjen RI di Dubai Mansyur Pangeran bersama sekitar 1.800 masyarakat Indonesia yang bermukim di Dubai dan sekitarnya merayakan Idul Fitri atau Lebaran 2010.

"Saat panas menyengat meski hari masih pagi, sebagian besar masyarakat Indonesia yang umumnya para pekerja di berbagai sektor memenuhi halaman KJRI untuk mengikuti Shalat Id," kata Sekretaris I PF Pensosbud, Yana Rudiyana, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA, Sabtu.

Sebelum rangkaian Shalat Idul Fitri dimulai, pembawa acara mengumumkan beberapa informasi, termasuk hasil pengumpulan zakat fitrah yang dihimpun KJRI dalam acara buka puasa bersama setiap Jumat selama Ramadhan. Tidak kurang dari Dhs 3.895 atau sekitar seribu dolar AS terkumpul dan telah dikirimkan ke rekening Badan Amil Zakat Nasional.

Bertindak selaku Imam Zulkayan Yunus dan khatib Mohammad Rifai, keduanya masing-masing alumnus Mekkah dan Kairo yang juga merupakan pegawai KJRI setempat.

Dalam bagian khutbahnya, khatib mengajak seluruh hadirin untuk meningkatkan kesadaran diri akan hidup bermasyarakat, dengan menanamkan sifat saling membantu dan saling menolong di antara sesama.

"Hilangkanlah sifat egoisme tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. Jangan asal diri kita sudah kenyang, berkecukupan, selamat dan bahagia, kita tidak memperhatikan nasib orang lain," katanya.

Setelah khutbah usai, Konjen RI Mansyur Pangeran serta Ibu Febie Mansyur berkesempatan menerima ucapan selamat hari raya dari seluruh masyarakat Indonesia yang hadir.

Lazimnya perayaan hari raya Idul Fitri di Tanah Air, saat tersebut dimanfaatkan untuk bersilaturahmi, berkumpul bersama sanak saudara, kerabat dan para sahabat sembari menikmati makanan khas Indonesia.

Untuk itu, KJRI Dubai yang bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan berupaya menciptakan suasana khas Lebaran di Tanah Air bagi masyarakat Indonesia yang berada di Dubai dan tidak sempat pulang ke kampung halamannya dengan menyediakan makanan khas lebaran.

Meski jumlah masyarakat Indonesia yang hadir cukup banyak dan memenuhi halaman KJRI, secara tertib dan teratur, semua dapat mencicipi hidangan lebaran yang tersaji.

Bagi masyarakat Indonesia yang kehariannya dihabiskan di tempat pekerjaan, hari tersebut juga dimanfaatkan untuk melepas rindu akan makanan Indonesia.

Sekitar 80.000 hingga 100.000 warga Indonesia berada di Dubai dan lima Emirat lainnya, sebagian besar merupakan para Tenaga Kerja Wanita (PLRT) dan sisanya bekerja di berbagai sektor formal. ***4***(U-ZG)
(T.H-ZG/C/E011/E011) 11-09-2010 09:04:48

Tidak ada komentar: