Minggu, 12 September 2010

LEBARAN DI ATHENA

LEBIH 400 WARGA RAYAKAN LEBARAN DI ATHENA

Jakarta, 11/9 (ANTARA) - Sekitar 400 warga masyarakat yang datang secara bergelombang sejak fajar bersama-sama melaksanakan ibadah shalat Eid 1 Syawal 1431 H bersama dengan Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi dan staf KBRI Athena.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Athena, Jani Sasanti, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Jumat malam waktu setempat, mengatakan alunan takbir kemenangan mengiringi kedatangan warga masyarakat Indonesia di Yunani ke Wisma Duta Athena.

Dikatakannya, suasana kemenangan setelah genap berpuasa selama 30 hari di bulan Ramadhan dengan suhu udara yang dapat mencapai 38 derajat celcius, terpancar di muka para warga masyarakat.
Suasana di Wisma Duta berubah menjadi khusuk saat ibadah shalat Eid yang dipimpin seorang warga masyarakat Indonesia di Yunani dimulai.

Seusai shalat, seluruh warga dengan penuh perhatian menyimak khutbah yang disampaikan Ketua Umum Persatuan Penyandang Cacat Seluruh Indonesia Haji Siswadi, yang diundang Duta Besar RI sebagai sesama insan sedaerah, asal Pekalongan.
Dalam khutbahnya Siswandi mengajak warga untuk melaksanakan konsep taqwa yang dijadikan gaya hidup sehari-hari, dimulai dari saat ini, dari diri sendiri dan diwujudkan dalam tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga akan menjadi kebiasaan, berlanjut pada karakter dan berujung pada budaya taqwa.

Untuk itu, ia mengajak "melalui puasa Ramadhan kita bangun budaya taqwa".

Di awal ceramah, Siswadi mengimbau masyarakat Indonesia di Yunani untuk mencermati arti taqwa dan menguraikan ciri-ciri pokok orang bertaqwa serta untuk menerapkan konsep taqwa dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu, Dubes RI Ahmad Rusdi dalam sambutannya menyampaikan kegembiraan karena dapat bersama-bersama merayakan Idul Fitri ini dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di negeri rantau.

Selesai penyelenggaraan ibadah shalat Eid, warga masyarakat saling bersilaturahmi dan bermaafan. Terlukis keharuan di wajah para warga yang sebagian besar adalah Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) dalam merayakan lebaran jauh dari sanak saudara dan Tanah Air.

Kuliner khas lebaran seperti ketupat dan lontong sayur, nasi kebuli, gulai kambing, rendang, opor ayam, sambal goreng hati, sate kambing dan ayam termasuk sate padang, mie goreng, empek-empek kapal selam, kerupuk udang dan berbagai jenis jajanan pasar, serta aneka buah segar menjadi hidangan utama.

Para undangan yaitu para duta besar dan mitra kerja juga terlihat sangat menikmati hidangan yang disiapkan oleh ibu-ibu DWP KBRI Athena.

Halal bilhalal Idul Fitri tahun ini merupakan yang kedua kali sejak kehadiran Duta Besar RI Ahmad Rusdi di Yunani Mei tahun lalu dengan mengundang pihak-pihak di luar masyarakat Indonesia yaitu para dubes asing dan mitra kerja serta tetangga sekitar.

Acara halal bihalal itu bertujuan untuk mengenalkan keunikan tradisi silaturahmi Idul Fitri di Indonesia dan menunjukkan toleransi antarumat beragama Indonesia karena perayaan juga dihadiri oleh warga Indonesia non-Muslim. ***4***
(U-ZG/B/m016)
(T.H-ZG/B/C004/M016) 11-09-2010 20:41:07

Tidak ada komentar: