Jumat, 24 September 2010

ITALIA JAJAKI KERJA SAMA UKM

ITALIA JAJAKI KERJA SAMA DENGAN UKM INDONESIA

London, 24/9 (ANTARA) - Para pengusaha Italia menyatakan kesiapannya untuk membangun kerja sama dengan usaha kecil dan menengah di Indonesia, terutama untuk pengembangan keahlian di bidang produksi dan pemasaran produk.

Hal itu disampaikan Wakil Konfederasi UKM Toscana, Italia, Dr Rolando Pampaloni pada acara lokakarya yang diadakan KBRI Roma bekerja sama dengan ITPC Milan, Kamar Dagang Indonesia, Konfederasi UKM dan Badan Penanaman Modal Kota Pisa.

Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Musurifun Lajawa dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Jumat, menyebutkan, lokakarya tersebut merupakan bagian dari program promosi potensi pariwisata, perdagangan dan investasi (TTI) Indonesia di berbagai wilayah Italia.

Dr Algliozzi, wakil Asosiasi Penyamakan Kulit dari wilayah yang sama menyampaikan rencana kunjungan ke Indonesia untuk menjajaki kerja sama dalam pengembangan produk kulit berkualitas untuk kebutuhan dunia mode.

Dubes RI untuk Italia, Mohamad Oemar dalam sambutannya mengatakan, terjadi peningkatan daya saing global Indonesia secara konsisten dalam satu dekade reformasi total, dimana tahun ini naik 10 peringkat dan menempati urutan 44 dunia.

Dengan peluang promosi TTI yang tidak terbatas dengan didukung stabilitas politik dan demokrasi yang semakin mapan, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling potensial bagi Italia untuk melakukan ekspansi usaha, ujarnya.

Ia juga menekankan mengenai semakin kondusifnya iklim usaha di Indonesia, yang antara lain tercermin dari kualitas infrastruktur, peraturan investasi, peluang lima sektor prioritas investasi, keunggulan 10 produk utama, 10 produk potensial dan tiga bidang perdagangan jasa.

Italia, khususnya wilayah Toscana, yang nilai perdagangannya dengan Indonesia tahun lalu mencapai 20 juta dollar AS sudah saatnya menjalin kerja sama yang lebih luas dengan Indonesia, ujar Oemar.

Toscana merupakan wilayah Utara Italia yang terkenal sebagai pusat industri kecil dan menengah dalam bidang pengolahan kulit, pakaian bermerek, dan aksesori busana.
Sebagai langkah awal, para pengusaha Toscana akan berkunjung ke Pameran Produk Perikanan (Fishery Expo) ke-3 pada 7-10 Oktober dan Promosi Perdagangan Indonesia (Trade Expo Indonesia) pada 13-17 Oktober di Jakarta.
KBRI Roma berjanji akan memberikan pelayanan terbaik dan siap membantu para pengusaha Italia yang akan berbisnis dengan Indonesia. ***2***
(T.H-ZG/B/R014/R014) 24-09-2010 23:01:33

Tidak ada komentar: