Kamis, 16 September 2010

WAMENLU : RI - PORTUGAL

WAMENLU : HUBUNGAN RI - PORTUGAL MAKIN MENGUAT

Jakarta, 17/9 (ANTARA) - Hubungan Indonesia dan Portugal semakin menguat, hal ini terungkap dari hasil pertemuan resmi Wamenlu RI Triyono Wibowo ke Portugal memenuhi undangan, "Secretary of State for Foreign Affairs and Cooperation" (Wamenlu) Dr Joao Gomes Cravinho, di Lisabon, Portugal.

Kunjungan tersebut juga merupakan bagian dari tindak lanjut pertemuan Menlu RI dan Menlu Portugal yang baru-baru ini telah berhasil dilaksanakan di Jakarta Agustus lalu, ujar Fungsi Penerangan KBRI Lisabon, Perry Pada dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA, Jumat.

Ia menuturkan, kedua Wakil Menlu sependapat perkembangan hubungan bilateral RI - Portugal saat ini semakin maju, hal tersebut ditandai dengan intensitas pertukaran kunjungan pejabat tinggi kedua negara dan penandatanganan MoU konsultasi bilateral, dan kerja sama yang erat di forum PBB dan forum-forum internasional lainnya.

Wamenlu RI Triyono Wibowo, mengungkapkan pentingnya segera merampungkan pengaturan bilateral fasilitas bebas visa untuk pejabat pemerintah guna mengakomodasi peningkatan kunjungan para pejabat kedua negara.

Kedua Wamenlu sependapat hubungan Portugal dengan Indonesia masih perlu terus dikembangkan lebih lanjut, mengingat potensi dan peluang kerja sama yang cukup besar.

Joao Gomes Cravinho dan Triyono Wibowo bertukar pandangan mengenai usulan konkret untuk memperdalam hubungan bilateral RI-Portugal, dengan penekanan khusus pada penguatan hubungan ekonomi dan bisnis sebagai prioritas kerja sama sesuai dengan kebutuhan ekonomi masing-masing.

Untuk itu, perlu adanya pertemuan bisnis di Portugal agar para pelaku ekonomi kedua negara bisa saling lebih mengenal pasar dan kondisi sosial politik, dan regulasi di Indonesia, demikian pula sebaliknya.

Guna memperlancarkan realisasi berbagai potensi kerja sama, kedua Wamenlu sepakat untuk menyusun "calendar of activities" semacam "timelines" yang akan mendorong peningkatan kerja sama konkrit kedua negara. ***4*** (U-ZG)
(T.H-ZG/B/C004/C004) 17-09-2010 08:23:17

Tidak ada komentar: