Senin, 18 Juni 2012

ANOMAN DUTA


9

            "ANOMAN DUTA" GALANG DANA KORBAN GEMPA ITALIA

          London, 19/6 (ANTARA) - "Anoman Duta" yang merupakan penggalan kisah Ramayana digelar di Teatro Comunale Kota Pietrasanta, Lucca, Italia, dalam rangka penggalangan dana untuk korban bencana gempa di wilayah Emilia-Romagna, Italia baru-baru ini.

         "Anoman Duta" dipentaskan kelompok kesenian Saraswati dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, demikian keterangan KBRI Roma kepada ANTARA London, Selasa.

         Penonton terpukau dan berdecak kagum menyaksikan keelokan gerakan, alunan merdu gamelan yang mengiringi dan warna warni kostum yang dikenakan para seniman.

         Kelompok Saraswati ISI Yogyakarta mengikutsertakan beberapa dosen pakar di bidang kesenian tradisional Jawa Tengah seperti Bambang Pudjasworo dan Nyoman Sudewi.

         Turut hadir menyaksikan pertunjukan tersebut, Walikota Pietrasanta, Domenico Lombardi, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada KBRI Roma dan kelompok Saraswati  ISI Yogyakarta sehingga malam penggalangan dana dapat terselenggara.

         Tak hanya lakon "Anoman Duta", beberapa tarian seperti Jejangeran Nusantara, Golek Lambangsari, dan Bandabaya serta permainan gamelan juga tampil di gedung teater berkapasitas 540 kursi yang termasuk salah satu teater ternama di Wilayah Toskana Italia.

         Selain itu, Dalang Udreka ambil bagian melalui pertunjukan wayang kulit yang menarik perhatian hadirin terutama anak-anak.

         Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Roma Priyo Iswanto diterima Walikota Pietrasanta beserta jajaran pejabat Pemerintah Kota terkait mengadakan pertemuan yang dihadiri sejumlah wartawan setempat,
    Priyo Iswanto  mengatakan  misi yang dibawa Kelompok Saraswati ISI Yogyakarta bagaikan pribahasa Indonesia ¿tak kenal maka tak sayang¿. Untuk memperkenalkan salah satu keunikan budaya Indonesia sehingga dapat menarik keingintahuan masyarakat Italia untuk lebih memahami dan pada akhirnya datang mengunjungi Indonesia.

         Walikota Pietrasanta dan Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Roma sepakat untuk menjajaki peningkatan kerjasama dalam bidang perdagangan dan investasi serta bidang kebudayaan, khususnya seni pahat dan desain marmer karena kota Pietrasanta sangat dikenal dengan kesenian pahat pada marmer.

         Kelompok Saraswati ISI Yogyakarta berada di Italia selama seminggu dalam rangkaian tur di tiga kota yaitu Venezia, Roma, dan Pietrasanta dengan menampilkan jenis kesenian tradisional Jawa Tengah yang beragam di setiap kota.

         Di Venezia, kelompok ini menampilkan kesenian wayang kulit, sedangkan di Roma, mementaskan ¿Anoman Duta¿ dan kolaborasi antara gamelan dengan piano di Auditorium Parco della Musica yang sangat bergengsi dalam peringatan 100 tahun pianis kontemporer John Cage.

         Pertunjukan kesenian Kelompok Saraswati ¿ ISI Yogyakarta di Pietrasanta merupakan hasil kerjasama KBRI Roma dengan Yayasan Teater La Versiliana dan memperoleh dukungan dari Pemerintah Wilayah Toskana, Pemerintah Daerah Lucca, dan Pemerintah Kota Pietrasanta. ***3***(ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 19-06-2012 05:41:30

Tidak ada komentar: