Kamis, 07 Juni 2012

PAGELARAN BUDAYA


PAGELARAN BUDAYA DAN BUSANA INDONESIA DI SPANYOL

        London, 7/6 (ANTARA) -  Pagelaran budaya dan peragaan busana batik Indonesia memukau 300 penonton yang memenuhi aula gedung pertemuan bergengsi di gedung Pemerintah Kota Madrid, Spanyol.

        Sebanyak 11 peragawati Indonesia dan Spanyol  berbalut busana batik Iwan Tirta Private Collection, pemain musik serta penari dari Rumah Budaya Puspo Budoyo mendapat tepuk tangan panjang dari penonton, ujar Pensosbud KBRI Madrid Krisnawati Desi  Purnawestri kepada ANTARA, Kamis.

       Kerja sama antara kedua institusi dan dikoordinasikan Yayasan Iwan Tirta mempersembahkan tujuh tarian dikombinasikan dengan koleksi batik Boketan, Taman Sari, dan koleksi kebaya karya desainer Era Soekamto.

        Tepuk tangan penonton tidak pernah absen di setiap akhir pertunjukan tarian Zapin, merak, Sisingaan, Topeng, Tlenjeng, Lenggang Nyai, dan Saman, dan peragaan koleksi-koleksi busana tersebut.

        Krisnawati Desi Purnawestri mengatakan pagelaran bertajuk "The Enchanting Indonesian Culture and Fashion" tersebut merupakan rangkaian kegiatan Festival Indonesia yang diadakan KBRI Madrid bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mempromosikan Indonesia.

       Dikatakannya,festival dimulai sejak tanggal 21 Mei dengan serangkaian kegiatan seperti seminar promosi potensi Indonesia bekerja sama dengan Kemparekraf, Kemdag, BKPM, dan Bappenas, yang dilaksanakan di tiga  kota utama di Spanyol, yaitu Madrid, Barcelona dan Sevilla.

        Selain itu, diselenggarakan pagelaran budaya dan busana, dihadiri lebih dari 300 pengunjung, yang disambut  tari-tarian Reog Ponorogo yang tiba di taman gedung pertunjukan.

       Begitu pula di Madrid, di Plaza Colon yang historis ditampilkan Reog dipadukan dengan peragaan busana batik bagi warga sekitar yang melintas.

       Acara ini juga diliput dan disiarkan langsung Telemadrid, stasiun televisi utama kota Madrid, yang membuktikan bahwa kehadiran Indonesia di Spanyol telah semakin dikenal luas oleh masyarakat setempat.

       Dalam rangkaian kegiatan Festival Indonesia KBRI Madrid mengorganisasikan pameran fotografi keindahan Indonesia yang diresmikan Dubes RI untuk Kerajaan Madrid, Ibu Adiyatwidi Adiwoso Asmady, di pusat perbelanjaan bergengsi El Jardin de Serrano di pusat kota Madrid.

       Pameran menampilkan 30 foto karya para fotografer Spanyol tersebut berlangsung hingga tanggal 13 Juni.

       Selain itu, KBRI Madrid juga menggelar bazar amal yang diadakan selama dua hari tanggal 9-10 Juni, akhirnya tutup dengan festival gastronomi bekerja sama dengan jaringan hotel Melia pada akhir Juni mendatang. ***3***
(ZG/c/a011)

(T.H-ZG/C/A011/A011) 07-06-2012 08:12:51

         

Tidak ada komentar: