Senin, 25 Juni 2012

POCO POCO

               
POCO POCO SATUKAN MASYARAKAT ASEAN DI PARIS

         Paris, 25/6 (ANTARA) - Tarian poco poco serta lagu Makarena berhasil menyatukan masyarakat anggota organisasi negara-negara ASEAN yang menetap di Paris, Prancis, dalam acara ASEAN Family Day di daerah rekreasi Saint Quentin en Yvelines, Paris, Minggu
   ASEAN Family day digelar setiap tahun dalam upaya meningkatkan kebersamaan di antara para keluarga warga negara anggota ASEAN di Paris, ujar Duta Besar RI di Paris Rezlan Ishar Jenie yang menjadi Ketua Panitia kepada ANTARA di London, Minggu.

        Acara ASEAN Family Day juga diikuti oleh pengendara sepeda motor Ride for Peace Jeffry Polnaja yang akan mengawali perjalanannya keliling dunia untuk kedua kali.

        Meskipun hujan membasahi daerah wisata, tidak mengurangi kemeriahan acara  ASEAN Family Day yang menampilkan kesenian dan permainan dan kompetisi olahraga ringan di antara staf Kedutaan ASEAN serta penarikan undian berhadiah ini.

        Selain itu disetiap stand negara anggota ASEAN tersedia berbagai jenis kuliner pilihan spesialisasi dari masing masing negara.

        Duta Besar Rezlan Ishar Jenie mengatakan bahwa ASEAN Family day merupakan rangkaian dari perayaan ulang tahun ASEAN yang ke-45 pada bulan Agustus mendatang.

        Duta Besar Laos untuk Paris Khouanta Phalivong mengakui bahwa penyelenggaraan hari keluarga ASEAN sangat unik untuk bisa menyatukan dan saling kenal di antara para keluarga negara anggota ASEAN yang bertugas di Paris.

        Sementara itu Dubes Malaysia di Paris Tan Sri Abdul Aziz Zainal mengatakan bahwa digelarnya acara ASEAN Family Day membuat keluarga anggota ASEAN yang ada di Paris semakin akrab dan saling mengenal.   
   "Kita tidak perlu ramai-ramai (ribut), kan kita semua bersaudara," ujar Tan Asi Abdul Aziz Zainal.

        ASEAN terdiri atas Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok.

        Tarian Poco-Poco adalah jenis tarian modern asli Indonesia yang mulai populer di awal tahun 2000-an diikuti oleh seluruh keluarga anggota ASEAN tidak terkecuali para Dubes dan istri yang membuat suasana makin meriah. ***3***
(T.ZG)
(T.H-ZG/B/R007/R007) 25-06-2012 05:16:18

                INDONESIA IKUTI PARADE BUDAYA DI FRANKFURT

         London, 25/6 (ANTARA) - Perkumpulan Organisasi Masyarakat Indonesia di Frankfurt (PERMIF e.V ) mengikuti "Parade Budaya" yang diadakan oleh Pemerintah daerah Frankfurt akhir pekan lalu.

        Lebih dari 1600 orang peserta dari sekitar 100 budaya mengikuti acara yang dimulai dari pukul 12.00 hingga sore berlangung di pusat kota, disaksikan sekitar 70.000 penonton disepanjang ruas jalan utama di kota Frankfurt.

        Indonesia diwakili kelompok Perkumpulan Organisasi Masyarakat Indonesia di Frankfurt di antara 52 peserta/group terdaftar, ujar Amey Adriana dari Permif e.V kepada ANTARA London, Senin.

         Amey Adriana mengatakan dalam parade budaya yang  melibatkan sekitar 110 berbagai organisasi dan elemen Masyarakat di Frankfurt dan sekitarnya itu Indonesia menampilkan busana dari Nusantara yang  Bhineka Tunggal Ika.

        Di bagian kulinaris, tidak ketinggalan anggota Dharma Wanita dan ibu-ibu yang Indonesia menyediakan berbagai memasakan Indonesia sekaligus mempromosikan kekhasan kuliner Indonesia.

        Menurut Amel, masyarakat Indonesia di Frankfurt seluruhnya bersatu, para pelajar,anak anak, anggota Dharma Wanita para staf diplomat KJRI, bahkan Konjen Damos Agusman turut jalan berbaur dengan peserta parade.

           Sementara itu Ketua Permif e.V , Roselinda Adriana mengatakan anggota Permif dengan penuh suka cita  mengikuti parade yang berthema "Respect" dalam melawan suku ras dan eksklusif di Frankfurt.

            Indonesia dalam parade budaya menampilkan salah satu cerita legenda seorang putri yang bernama Roro Jonggrang yang artinya "Gadis Langsing".  Legenda Roro Jonggrang sangat terkenal dengan Candi Sewu atau Candi yang berjumlah 1000.   
       Sementara batik busana asli tradisional Indonesia yang telah diakui sebagai "Warisan Budaya Dunia"  digunakan sejak zaman raja  yang berkuasa pada abad XVIII dikenakan oleh dayang dayang, penjaga dan peri , baik sang putri maupun dayang-dayang memakai busana batik dan para Penjaga memakai busana pengawal kerajaan.

       Batik merupakan bagian dari budaya Indonesia yang digambarkan di atas kain yang awalnya dibuat hanya terbatas dalam lingkungan keraton dipakai raja dan keluarga serta para pengikutnya. Keistimewaan dari kostum disini bisa anda lihat pada bentuk Mahkotanya yang berbentuk seperti  Candi, demikian  Amey Adriana .

    ***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 25-06-2012 07:36:51

               

        Duta Besar RI untuk Prancis Drs Rezlan Ishar Jenie di Wisma Indonesia melepas kepergian sang penjelajah dunia yang membawa misi perdamaian itu.

        "Saya berasal dari Bandung yang juga dikenal sebagai Paris Van Java makanya penjelajahan saya kali ini diawali dari Paris," ujar Jeffry Polnaja yang lebih dikenal dengan Kang JJ kepada ANTARA London, Senin.

        Dalam acara pelepasan tersebut Dubes Rezlan Ishar Jenie mengatakan bahwa Jeffry Polnaja menjelajah berbagai negara di dunia untuk membawa misi perdamaian.

        Dikatakannya, Jeffry tidak saja membawa misi kedamaian tetapi juga mempromosikan Indonesia kepada dunia melalui "ride for peace" (bersepeda motor untuk perdamaian)  dan memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat yang ditemuinya selama perjalanan menjelajah berbagai benua.

        Untuk itu KBRI Paris sangat mendukung misi yang diemban oleh Kang JJ dan mengharapkan selama dalam perjalanan tidak mendapatkan rintangan apap un.

        Menurut Dubes, memang bukan perjalanan pertama bagi Kang JJ, tetapi dengan melakukan penjelajahan seorang diri tentunya penuh dengan tantangan yang dihadapi.

        Diharapkannya perjalanan yang akan menghabiskan waktu selama dua  setengah tahun Kang Jeffry selalu mendapat perlindungan dan terhindar dari bahaya serta meraih manfaat yang besar bagi bangsa Indonesia. 
                                                                                   Hilang dicuri

   Perjalanan misi perdamaian Kang JJ menjelajah dunia  sempat tertunda karena sepeda motor BMW miliknya dengan nomor polisi D 1150 JJ  dicuri di Amsterdam, Belanda 4 Mei lalu ketika bermalam di Hotel BackStage, di Leidsegracht 114, Amsterdam-Centrum.

        Kehilangan sepeda motor tunggangannya tidak membuat Jeffry mengurungkan niatnya melanjutkan perjalanannya membawa misi kedamaian. "Motor boleh hilang namun semangat saya melakukan perjalanan akan tetap membara," ujar ayah enam anak itu.

        Akhirnya setelah melakukan berbagai persiapan dan mengirimkan sepeda motor pengganti dari model dan tahun pembuatan yang sama, BMW R1150GS Adventure, perubahan hanya pada warna, dari putih menjadi perak (silver) Kang JJ pun mengawali pertualangannya.

        Sebelum meneruskan perjalanan ke Brusel, Kang JJ melakukan persiapan akhir dengan melakukan pemeriksaan sepeda motornya ke bengkel, dengan harapan tidak akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan.

         Pemilik toko dan merangkap bengkel di daerah pingiran Paris, Erick Mercier mengatakan bahwa motor milik Kang JJ, dalam kondisi baik dan siap melakukan perjalanan. 
   Erick Mercier, yang juga seorang pengendara sepeda motor besar dan sering melakukan perjalanan keliling dunia secara spontan mengatakan keinginannya untuk bisa ikut bersama Kang JJ melakukan perjalanan membawa misi perdamaian.

        "Saya ingin pergi dengan Anda," ujar Erick yang mempunyai motor keluaran terbaru yang sama milik Kang JJ yang tidak mau dibayar setelah melakukan pengecekan motor Kang JJ.

        Motor anda tidak ada masalah dan siap untuk melakukan perjalanan jauh, ujar Erick yang memberikan semangat dan semoga perjalanannya berjalan lancar.

        Sebelum meneruskan perjalanannya ke Brusel, Kang JJ pun melakukan foto di depan menara Eiffel yang menarik perhatian wisatawan mancanegara yang berada di sekitar objek wisata yang sangat terkenal itu.

       "Anda dari Malaysia," ujar seorang lelaki kepada Kang JJ yang langsung dijawab bahwa ia berasal dari Indonesia  dan melakukan perjalanan membawa misi perdamaian.

        Sehari sebelumnya KBRI Paris memfasilitasi pertemuan Kang JJ dengan kelompok grup motor gede (moge) Paris Moto Club des Potes bertempat di KBRI Paris yang memberikan kesan mendalam  sesama rider yang memiliki semboyan hidup `sendirian di jalan tapi tidak sendirian di dunia¿.

        Menurut Minister Pensosud KBRI Paris Arifi Saiman, dalam pertemuan itu Kang JJ memberikan presentasi tentang kisah petualangannya dari Indonesia menuju Eropa yang melewati sejumlah negara di kawasan Asia, Afrika Utara dan Eropa.

       Pemutaran film tersebut merupakan bagian dari program misi Ride for Peace di setiap kali singgah di suatu tempat yang dikunjunginya dalam rangka mempromosikan Indonesia dan kampanye perdamaian.

        Pada saat menyaksikan penayangan film tersebut, anggota Paris Moto Club des Potes kagum dengan keberanian Kang JJ secara sendirian berhasil menaklukkan berbagai bentuk tantangan baik alam maupun situasi wilayah yang dilaluinya.

        Dalam pertemuan yang dihadiri pimpinan mantan pengendara legendaris Paris M. Pasqualaggi Bruno dan  memperkenalkan misi "bersepeda motor untuk perdamaian" kepada warga masyarakat Paris dengan mengarak Kang JJ konvoi keliling kota Paris.

        Selama konvoi, para peserta melakukan kunjungan ke sejumlah tempat wisata di kota ini seperti Menara Eiffel, katedral Notre-Dame, Champs-Elysees. 
    Tak kurang dari 30 negara akan disinggahi, mulai dari Prancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste. Jeffrey direncanakan tiba kembali di Jakarta pada tahun 2014. ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 26-06-2012 00:46:46


Tidak ada komentar: