Senin, 18 Juni 2012

TWILITE DI SLOWAKIA


MUSIK TWILITE ORCHESTRA UNDANG KEKAGUMAN DI SLOWAKIA

          London, 15/6 (ANTARA) =Penyanyi soprano Aning Katamsi dan Daniel Kristianto melantumkan lagu Slovakia "Piese" O Rodnej Zemi dengan iringan "Twilite Orchestra dan Chorus" berhasil mengundang decak kagum lebih dari  500 undangan yang digelar di gedung bersejarah Teater Nasional Slovakia, "Hviezdoslav Square", Bratislava,, Slowakia, baru baru ini.

          Penampilan konser musik "Twilite Orchestra dan Chorus" dan paduan suara   bertajuk "A Touch of Harmony" digelar KBRI Bratislava bekerja sama dengan Teater Nasional Slowakia didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif IndonesiaI, demikian Sekretaris Ketiga, Sosbudpar dan media KBRI Bratislava, Meilya Wulandari kepada ANTARA London, Jumat.

        Meilya Wulandari mengatakan konser perdana "Twilite Orchestra dan Chorus" di Eropa pimpinan Addie MS digelar dalam rangkaian acara penganugerahan HC untuk Menko, Hatta Rajasa, dari Universitas Pertanian Nitra, Slovakia itu juga hadir Wakil Menteri Menparekraf Sapta Nirwandar.

        Acara konser gala diner digelar sebagai penutup dari Business Round Table Indonesia- Slowakia ke enam yang merupakan " sucsess story "setelah kunjungan Presiden Slowakia ke Indonesia Oktober tahun lalu dan berhasilnya ditandatangani 15 MOU diantara kedua negara.

        Dalam acara pagelaran musik klasik Indonesia itu juga hadir beberapa dubes RI di Eropa seperti Dubes RI di Ceko Emeria W.A Siregar, di Hungaria, Maruli Tua Sagala, Dubes RI di Beograd, Samuel Simson, di Polandia Darmansyah Djumala, Dubes RI di WIna, Weka Puja, Dubes RI di Moskow Jauhari Oeratmangun dan Dubes RI di Bern, Djoko Susilo.

        Dubes RI untuk Slovakia Harsha E Joesoef mengatakan konser musik klasik digelar dalam rangka semakin mendekatkan hubungan Indonesia Slovakia dalam bidang pertukaran musisi dan budayawan. Dikatakannya penampilan Twillie Orcestra juga merupakan promosi orchestra klasik Indonesia di Eropa dan perayaan hubungan kedua negara.

   
20 dubes
   Dalam konser yang mengundang decak kagum undangan diantaranya juga hadir 20 dubes negara asing yang ada di Slovakia serta pengusaha Slovakia, akademisi, pemerintahan dan masyarakat di Bratislava.

        Penampilan Twilite mengundang apresiasi dari Direktur Utama Gedung Slovak National Theater and Philharmony, Peter Dvorsky, yang tidak menyangka penampilan musisi Indonesia begitu bagus terutama sajian Indonesia yang isinya kumpulan komposisi lagu-lagu nasional dan daerah Indonesia dengan komposisi Addie MS.

         Selain itu juga dilantunkan lagu Rangkaian Melati karya R. Maladi, dengan aransemen Singgih Sanjaya oleh Aning Katamsi, Twilite Chorus dan lagu Tanah Airku karya Ibu Soed, dengan Aransemen  Singgih Sanjaya dibawakan penyanyi tenor Pavol Remenár.

        Paduan suara Twilite Chorus, Addie MS juga menampilkan musik tradisonal Janger yang diaransemennya sendiri serta Choral arransemen  Angginta Lubis dan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki, yang diaransemen oleh Addie MS, serta Edo Kondologit yang membawakan lagu Piese O Rodnej Zemi karya Gejza Dusík/P. Braxatoris, Arannsemen  Mir. Bro.

       Penampilan Twillite Orkestra diakhiri dengan penampilan soprano Aning Katamsi, yang membawakan lagu Nyanyian Negeriku dan Medley lagu tradisional Indonesian dengan aransemen Singgih Sanjaya. Sebanyak 10 lagu ditampilan paduan suara Twilite Chorus.

        Bersama dengan para penyanyi Indonesia Aning Katamsi dan Daniel Christianto, penyanyi baritone Slovakia Pavol Remenár, yang merupakan solois dari Teater Nasional Slovakia di Bratislava, tampil di atas panggung bersama, sebagai simbol persahabatan dan kerja sama erat antara Slovakia dan Indonesia.

        The "Twilite Orchestra dan Chorus" didirikan pada tahun 1991 masing-masing tahun 1995 dan sejak itu mereka menjadi dua dari Bahasa Indonesia yang paling penting vokal-simfoni kelompok untuk mempromosikan musik klasik di Indonesia maupun di negara-negara tetangga seperti Vietnam atau Australia.

       Acara ini merupakan bagian dari seri konser "Twilite Orchestra dan Chorus" di Eropa, selain di Bratislava Twilite juga akan tampil di Berlin disponsori Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan  Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava ,didukung Teater Nasional Slovakia di Bratislava, Abba Hotel di Bratislava dan Turkish Airlines. ***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 15-06-2012 07:24:39

Tidak ada komentar: