Selasa, 19 Juni 2012

PADUAN SUARA

PADUAN SUARA ACS JAKARTA YOUTH RAIH PENGHARGAAN DI AUSTRIA

         London, 19/6 (ANTARA) -  Kelompok Paduan Suara  Sekolah Tiara Bangsa Jakarta (ACS Jakarta Youth Choir) meraih kemenangan dan memperoleh penghargaan Diploma Emas untuk kategori Sacred Song dalam 28th Franz Schubert International Choir Competition and Festival, di  Wina, Austria.

        Paduan Suara Tiara Bangsa yang baru pertama kalinya mengikuti festival yang diadakan selama dua hari pada  akhir pekan itu juga meraih Diploma Perak (Silver Diploma) untuk kategori Youth Choirs with equal voices, ujar Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Wina, Djati Ismojo kepada ANTARA London, Selasa.

        Djati Ismoyo mengatakan teriak histeris dan peluk haru diungkapkan oleh 20 murid yang tergabung dalam Paduan Suara Tiara Bangsa dan orang tua yang mendampinginya saat juri mengumumkan perolehan dua  diploma tersebut.

        Selesai penganugerahan diploma, di koridor gedung, seluruh anggota Tim menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai wujud rasa syukur dan kebanggaan yang tak ternilai menambah keharuan semua yang menyaksikan.

        Gedung Konzerthaus Wina, Austria, pada hari-hari itu seolah-olah menjadi saksi bagaimana publik dan penonton Austria maupun internasional memberikan pujian kepada kelompok Paduan Suara Tiara Bangsa  yang tampil memukau bermahkotakan bulu khas Papua dipandu oleh konduktor  Daniel  Dasalak yang sangat dinamis.

        Tim Paduan Suara  Tiara Bangsa yang dipimpin langsung oleh Kpala Sekolahnnya, Ibu Capri Anjaya  merupakan wakil Indonesia untuk kedua kalinya ikut dalam kompetisi internasional yang sudah berlangsung sejak tahun 1984 ini.

        Meski baru dibentuk dua tahun lalu,  Paduan Suara Tiara Bangsa telah berhasil menunjukkan kemampuan profesionalnya saat mendapatkan giliran tampil membawakan nomor-nomor Sanctus, Domine Fili Unigenite, Salmo 150, dan Yamko Rambe Yamko  lagu daerah  Papua.

    Kompetisi bergengsi yang berlangsung setiap tahun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan pada musim dingin, kali ini dilakukan di musim panas untuk lebih memberikan kesempatan para pesertanya menikmati keindahan Austria.

        Tahun ini kompetisi mengambil tema Sing'n'Joy  dan diikuti 33 kelompok paduan suara yang berasal dari 16 negara, yaitu  Amerika Serikat,Cheko,  Estonia,Finlandia, Hongaria, Indonesia,Irlandia, Islandia,Jerman, Kazakhtan, Korea Selatan, Rusia, Singapura, Swedia, Swiss dan Ukraina.

       Kelompok Paduan Suara Cantate asal Hongaria meraih juara umum dengan menggondol Grand Prize sebesar 2000 Euro setara dengan Rp. 24 juta.  ***3***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 19-06-2012 07:54:27

               

Tidak ada komentar: