Senin, 08 Oktober 2012

ASEAN FUN BIKE



ASEAN FUN BIKE PERERAT KEKELUARGAAN DAN SOLIDARITAS ASEAN

        London, 9/10 (ANTARA) - ASEAN Fun Bike mengelilingi kota Berlin diharapkan akan dapat mempererat rasa kekeluargaan diantara negara anggota ASEAN yang ada di Jerman dan juga mempertegas Solidarisme Komunitas ASEAN di Jerman, yang diadakan pada akhir pekan.

       ASEAN Fun Bike diikuti beberapa Dubes negara ASEAN di Berlin seperti Dubes RI Dr. Eddy Pratomo, Dubes Myanmar, Dubes Malaysia,  Dubes Kamboja,  Dubes Thailand, dan juga kalangan korps diplomatic, demikian Sekretaris II-Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin, Purno Widodo kepada ANTARA London, Senin.

       Dubes negara anggota ASEAN di Jerman beserta keluarga mengayuh sepeda mereka dengan menempuh jarak sepanjang 12 Km melewati berbagai jalan umum dan hutan kota di Berlin pada akhir pekan.

       Bersepeda merupakan hal yang lumrah dilakukan masyarakat Berlin pada umumnya, namun konvoi tak kurang dari 40 perserta ASEAN Fun Bike ini mengundang perhatian dari masyarakat sekitar.

       Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari 45th ASEAN Ministerial Meeting di Phnom Penh, Kamboja Juli lalu yang memandatkan kepada ASEAN Committee di Negara-Negara ketiga (negara non anggota ASEAN) untuk menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ASEAN ke-45. 
  Dubes RI-Berlin Eddy Pratomo mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif KBRI Berlin yang pada tahun ini juga memperingati 60 tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Jerman.

    "Kegiatan ASEAN Fun Bike 2012 merupakan usulan KBRI Berlin yang didukung seluruh kedutaan Ne-gara Anggota ASEAN," ujar Dubes.

       Dikatakannya tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempererat kekeluargaan dan perasaan memiliki di antara keluarga besar ASEAN di Berlin, sambil berolah raga.

       Dengan menggunakan sepeda keluarga ASEAN di Berlin mengunjungi tempat-tempat bersejarah, dan mempelajar lebih jauh mengenai tempat tersebut.

       Kegiatan ASEAN Fun Bike 2012 diakhiri dengan makan siang dan ramah tamah bersama keluarga besar ASEAN di dalam taman kota Berlin, Tiergarten.

       Masyarakat Asia di Jerman kini semakin menunjukkan posisinya dengan berbagai pencapian berbagai Individu Asia di Jerman, ditunjang juga dengan semakin dekatnya hubungan antar negara.

       Terlebih lagi saat ini menteri Ekonomi dan Teknologi Jerman yang juga merupakan Wakil Kanselir Jerman merupakan keturunan Asia.

       Populasi masyarakat Asia di Jerman cukup besar yaitu tidak kurang dari 1,634,000 orang atau sebanyak dua persen dari populasi, dengan dominasi dari masyarakat Vietnam dan Thailand. Sedangkan tak kurang dari 12 ribu masyarakat Indonesia tinggal di Jerman.

       Dalam kacamata masyarakat Jerman sendiri  citra masyarakat Asia sangatlah positif yaitu terkenal sebagai pekerja keras dan juga mudah berintegrasi.

       Berbagai kegiatan masyarakat ASEAN di Jerman juga semakin mempertegas eksistensi ASEAN. Kegiatan seperti Asia Pacific Week, ASEAN Film Festival, ASEAN Charity Day yang selalu mendapat respons positif dari masyarakat Jerman Dalam tataran politik, ASEAN dan Jerman juga merupakan mitra yang alami.

       ASEAN dengan populasi yang lebih besar dari masyarakat Uni Eropa dengan GDP sebanding dengan China serta pertumbuhan  dan integrasi ekonomi yang positif merupakan daya tarik tersendiri bagi Jerman.

       Ditambah lagi dengan tingkat kepercayaan pasar yang tinggi yang memiliki kemampuan ekonomi, industri, sumber keuangan, kualitas produk dan pelayanan yang mengagumkan, hal mana yang membuat Jerman dan ASEAN layak untuk menjadi partner yang seimbang.

    (T.ZG/M014)
(T.H-ZG/A/M014/M014) 09-10-2012 00:05:12

Tidak ada komentar: