Minggu, 07 Oktober 2012

INDONESIA DAN G-15



INDONESIA DORONG G-15 KERJA SAMA SELATAN-SELATAN

         London, 29/9 (ANTARA) -  Indonesia terus mendorong G-15 untuk memainkan peran penting bagi kerja sama negara-negara Selatan-Selatan di bidang pembangunan ekonomi.

        Hal tersebut disampaikan Kuasa Usaha Ad Interim yang juga merangkap Dewatapri Jenewa, Edi Yusup mewakili Menlu Marty Natalegawa, pada pertemuan tingkat menteri negara anggota G-15 tanggal 27 September, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-67/2012, bertempat di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat.

        Pertemuan dipimpin Menteri Luar Negeri Sri Lanka dihadiri pejabat tinggi dari negara G-15, demikian Sekretaris Tiga PTRI Jenewa Nanda Avalist kepada ANTARA London, Sabtu.

        Nanda Avalist menjelaskan Indonesia menekankan pentingnya G-15 dalam memajukan kerja sama Selatan-Selatan dan berharap agar seluruh negara dapat meneruskan upaya revitaliasi G-15 agar dapat menghadapi berbagai tantangan baru.

         Selain itu, Indonesia juga mendorong agar G-15 dapat meningkatkan visibilitasnya di berbagai pertemuan internasional dengan cara menyusun berbagai posisi bersama pada berbagai pertemuan internasional.

        Lebih lanjut, Indonesia menyampaikan beberapa kajian terkait laporan yang disiapkan Chairman of Personal Representative untuk tahun 2012, khususnya terkait penurunan biaya operasional G-15 serta dorongan bagi seluruh anggota G-15 untuk terus berpartisipasi pada beberapa kegiatan yang dijadwalkan akan berlangsung di masing-masing negara G-15.

        Pada pertemuan tersebut, para delegasi mendengarkan laporan dari Chairman of Personal Representative mengenai kegiatan yang dilakukan para perwakilan negara G-15 di Jenewa. Selain itu, para delegasi juga telah melakukan diskusi mengenai berbagai hal terkait G-15.

         Para delegasi juga menyampaikan penghargaannya kepada Delegasi Indonesia dan Meksiko yang telah memimpin perundingan terkait beberapa isu khusus mengenai restrukturisasi G-15 di Jenewa.

    ***2***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 29-09-2012 15:48:52

               

Tidak ada komentar: