Minggu, 21 Oktober 2012

MAPALA UNHAS


  MAPALA 09 UNHAS TAKLUKKAN PUNCAK ELBRUS

         London, 20/10 (ANTARA) -  Tiga pendaki dari Tim Ekspedisi Ewako Merah Putih (EEMP) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) 09 Universitas Hassanudin Makassar berhasil menaklukkan puncak gunung Elbrus beberapa hari lalu.

        Cuaca dingin menjelang musim dingin di Rusia ini tidak membekukan semangat mereka untuk mengibarkan Merah Putih di puncai Elbrus.

        Ketiga mahasiswa dari Fakultas Teknik Unhas tersebut adalah Sofyan Bachtiar sebagai Koordinator tim, Aan Anggareksa, dan Achmad Ritauddin, ujar Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada ANTARA London, Sabtu.

        "Kami sangat senang bisa mencapai puncak. Cuaca sangat mendukung pendakian ini", kata Sofyan Bachtiar saat bertemu di KBRI Moskow, Jumat, usai pendakian sebelum kembali ke tanah air.

        "Terima kasih atas arahan, bantuan dan dukungan dari KBRI Moskow dalam ekspedisi kami selama di Rusia," tambahnya.

        Tim Mapala 09 Unhas tiba di Moskow tanggal 6 Oktober lalu disambut  dinginnya cuaca Moskow di bawah 10 derajat Celcius. Keesokkan harinya mereka bertolak ke Minerny Vody dan langsung menuju Elbrus untuk aklimatisasi.

        "Siang hari tanggal 15 Oktober sekitar pukul 12 lebih kami berhasil mencapai puncak Elbrus," kata Aan Anggareksa.

        Selain Tim Mapala 09 Unhas, dalam satu rombongan terdapat pula pendaki dari negara lain, seperti Jerman, Norwegia dan Inggris.

        Elbrus berada di dekat perbatasan antara Rusia Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 mdpl atau 18.510 kaki dan puncaknya selalu diselimuti salju. Elbrus termasuk salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi dunia yang menjadi pilihan pendaki-pendaki dari berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

         Beberapa pendaki Indonesia telah berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak Elbrus, seperti pendaki tunadaksa Sabar Gorky, Tim UNJ, Tim UNNES, Tim Unair, Tim Wanadri dan Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka-TRAMP. (ZG)
(T.H-ZG/B/E001/E001) 20-10-2012 21:30:43

Tidak ada komentar: