Minggu, 21 Oktober 2012

BLOK MIGAS

INDONESIA TAWARKAN BLOK MIGAS KEPADA INVESTOR RUSIA

          London, 18/10 (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menawarkan 23 blok baru minyak dan gas (migas) kepada investor Rusia .

         Penawaran tersebut dilakukan dalam "Russian Oil and Gas Conference and Exhibition" yang berlangsug di Moskow dari tanggal 16 hingga 18 Oktober, ujar Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana yang dihubungi ANTARA di London, Rabu.

         Pameran dan konferensi migas ini, diikuti para peserta dari lembaga pemerintah, perusahaan dan lembaga-lembaga penelitian lainnya di bidang migas yang ada di Rusia.

         Menurut Dwi Adi Nugroho dari Direktorat Pembinaan Usaha Hulu Ditjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, keikutsertaan Kementerian ESDM dalam pameran tersebut untuk memberikan informasi tentang peluang investasi eksplorasi dan produksi migas di Indonesia serta menjaring investor industri perminyakan dari luar negeri, khususnya Rusia.

         "Pemerintah Indonesia menampilkan 23 blok baru migas yang ditawarkan melalui lelang tahap II tahun 2012 dengan periode Oktober 2012-Februari 2013. Blok-blok yang ditawarkan memiliki terms dan conditions yang cukup menarik dengan skema Production Sharing Contract (PSC)", kata Dwi Adi Nugroho.

         Lokasi blok-blok migas baru tersebut, menurutnya tersebar di darat dan lepas pantai Sumatera, di Kalimantan, Selat Makassar, Laut Jawa, perairan Nusa Tenggara Timur, perairan Natuna dan Papua.

         Beberapa di antaranya adalah Blok West Asri, Merangin III, Bimasakti, Central Mahakam, Sangau, Menduwai, Kahayan, North East Sepanjang, Offshore North X-Ray, Seringapatam I dan II, West Tuna, Wanapiri dan West Misool.

         Selain Indonesia, peserta lain dari pameran itu antara lain TMK Group, TNK-BP, TATNEFT, Zarubezhneft, Schlumberger, India Glycols Ltd. dan Shell Exploration and Production Services.

         Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow Moenir Ari Soenanda mengatakan terdapat perusahaan-perusahaan migas Rusia yang tertarik bekerjasama dengan Indonesia. Beberapa diantaranya yang sudah menjalin kerjasama adalah Petros Group dan CJSC Sintezmorneftegaz.

         "Dengan adanya investor lain dari Rusia dan eksplorasi di daerah-daerah baru ini diharapkan dapat mendongkrak produksi migas nasional," kata Moenir Ari Soenanda.

    ***2***

(T.H-ZG/B/D012/D012) 18-10-2012 05:39:13

Tidak ada komentar: