Minggu, 02 November 2008

DUBES MINTA KIBAR

DUBES MINTA KIBAR PERKENALKAN MUSLIM INDONESIA

Nottingham, 2/11 (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) RI untuk Inggris dan Republik Irlandia Yuri O. Thamrin mengatakan sebagai umat Muslim yang tinggal di Inggris, Keluarga Islam Indonesia Britania Raya (KIBAR) berkewajiban untuk memperkenalkan Islam Indonesia yang damai dan sejuk di negara Eropa tersebut.

Hal itu disampaikan Duta Besar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Counsellor Penerangan, sosial dan budaya KBRI London Herry Sudradjat pada pembukaan pertemuan para anggota KIBAR, atau yang lebih dikenal dengan KIBAR Gathering yang diadakan di Nottingam, Sabtu.
Pertemuan KIBAR yang diadakan selama dua hari hingga Minggu diikuti lebih dari 200 masyarakat Muslim Indonesia yang datang dari berbagai daerah di Inggris seperti London, Manchester, Birmingham, Newcastle, Leeds, Durham dan Skotlandia.

Lebih lanjut Dubes mengatakan selama ini citra negatif mengenai Indonesia selalu dikaitkan dengan Islam atau umat Islam di Indonesia.

"Pencitraan negatif yang paling tidak menguntungkan mengenai Indonesia antara lain peristiwa bom Bali yang mengaitkan umat muslim Indonesia dengan terorisme. Demikian juga pengamatan negara-negara Barat khususnya media terhadap peristiwa tertentu di Indonesia selalu mengarahkan kesimpulan ya pada keberadaan Islam dan umat muslim di Indonesia," ujar Dubes.
Ketua KIBAR Hendarko dalam keterangannya mengatakan bahwa penyelenggaraan peRtemuan keluarga Islam Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara anggota Kibar yang tersebar di berbagai kota di Inggeris.

Selain itu gathering juga bertujuan untuk mengalang ukhuwah serta meningkatkan pemahaman serta ketakwaan warga Muslim Indonesia yang berada di Inggeris.

"Pertemuan KIBAR ini semakin relevan karena mengangkat tema memberdayakan umat dengan ekonomi syariah," ungkap Hendarko.

Para pembicara yang tampil dalam pertemuan KIBAR kali ini adalah M. Iqbal Asari CBE, Kepala operasi bagian Eropa Yassar Ltd yang membahas konsep dasar takaful (asuransi dalam Islam).

Selain itu juga tampil sebagai pembicara dalam acara ini adalah Dr Seif El Din Ibrahim Tag El Din, Ketua jurusan manajemen keuangan perbankan Islam di Markfield Institute of Higher Educationa yang membahas konsep dasar ekonomi Islam.

Dari tanah air, tampil Prof Dr Didin Hafidhuddin, Kepala Badan Amil Zakat Nasional yang membahas konsep zakat dan peran lembaga keuangan syariah dalam mengelola ekonomi keluarga.***7***

(T.H-ZG/C/Z002/Z002) 02-11-2008 02:21:52

Tidak ada komentar: