Rabu, 12 November 2008

HARI PAHLAWAN DI PRAHA

D0121108000553 12-NOV-08 KSR JKT

PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI PRAHA

London l2/11 (ANTARA) - KBRI Praha bersama masyarakat Indonesia di Ceko memperingati Hari Pahlawan dengan sederhana dan khikmad di gedung KBRI Praha.

Sekretaris Satu Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Rabu mengatakan peringatan Hari Pahlawan di Ceko tahun ini bertema "Dengan Semangat Dan Nilai Kepahlawanan, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Dalam sambutannya, Dubes Salim Said menyampaikan arti penting nilai kepahlawanan adalah keikhlasan untuk berkorban demi cita-cita dan harapan untuk masa yang akan datang.

Dikatakan oleh Salim Said bahwa peristiwa 10 November 1945 juga merupakan bukti bhawa Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa yang sangat serius bagi seluruh bangsa Indonesia.

Menurut Dubes, mereka yang bertempur di Surabaya dan di kota-kota lain pada saat itu bukanlah tentara resmi, melainkan para pemuda.

Mereka rela mati untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ujarnya.

Dubes Salim Said juga menuturkan para pejuang tersebut ikhlas berkorban karena adanya harapan mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri dalam lingkup sebuah negara merdeka.

Ditegaskannya pula bahwa saat ini proses menjadi merdeka juga belum selesai. Proses ini lebih sulit dan panjang, serta perlu waktu lama untuk dialog.

Oleh karena itu, ujarnya, diperlukan kesabaran dan mengurangi rasa saling curiga agar dialog yang dilakukan dapat berhasil dengan baik.

Azis Nurwahyudi mengatakan untuk terus mengingat perjuangan para pahlawan, pada kesempatan tersebut KBRI Praha juga memutar film Tjut Nyak Dien.

Pemutaran film Indonesia ini merupakan acara rutin KBRI Praha untuk mempromosikan Indonesia termasuk promosi kuliner, demikian Azis Nurwahyudi. ***7***

ZG/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 12-11-2008 07:44:01

Tidak ada komentar: