Minggu, 09 November 2008

MAHASISWA CEKO

KBRI PRAHA JARING MAHASISWA CEKO BELAJAR KE INDONESIA

London, 8/11 (ANTARA) - Guna menjaring lebih banyak mahasiswa Ceko belajar ke Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha mempromosikan Program Beasiswa Darmasiswa kepada mahasiswa di Universitas Teknik Ceko (Czech Technical University), Praha.

Kegiatan tersebut berlangsung pada acara International Day yang diselenggarakan oleh Universitas Teknik Ceko, demikian Seketaris I Pensosbud KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada Korespoden Antara London, Sabtu.

Presentasi dari KBRI Praha dilakukan Amalia Maryafanti, staf Pensosbudpar yang menjelaskan program Beasiswa Darmasiswa kepada mahasiswa yang tertarik belajar kebudayaan di Indonesia selama enam bulan atau satu tahun.

Dalam presentasi tersebut disampaikan program beasiswa yang diikuti ratusan mahasiswa dari 75 negara yang dapat memilih salah satu dari 44 universitas yang bekerjasama dengan Depdiknas.

Tahun ini sebanyak delapan mahasiswa Ceko tengah mengikuti program beasiswa di Universitas Andalas Padang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Negeri Malang dan ISI Denpasar.

Pada kesempatan tersebut juga diadakan diskusi dengan mahasiswa yang menghadiri presentasi tersebut yang membahas kehidupan mahasiswa di Indonesia, terutama sebagai mahasiswa asing yang belum banyak mengenal Indonesia.

Dari kegiatan itu diharapkan akan semakin banyak mahasiswa Ceko yang tertarik mengikuti program Darmasiswa pada tahun-tahun mendatang.

Selain itu, secara khusus juga dipresentasikan beasiswa pertukaran mahasiswa khusus antara ITB dan Universitas Teknik Ceko, kegiatan yang sudah berlangsung selama lebih dari lima tahun.

Karel Zinke, mahasiswa CTU yang tahun ini baru kembali dari ITB melakukan presentasi dengan sangat atraktif disertai dengan foto-foto pengalamannya ketika belajar di Bandung.
Setiap tahun CTU melakukan kegiatan yang mengundang perwakilan dari berbagai negara untuk mempromosikan kesempatan belajar di negaranya.

Pada tahun ini, selain indonesia, yang turut berpartisipasi antara lain adalah Jerman, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Australia dan China.

Selama kegiatan tersebut, KBRI Praha juga memamerkan keindahan Indonesia dan membagikan brosur wisata kepada pengunjung. (U-ZG/B/C003)
***2*** (T.H-ZG/B/C003/C003) 08-11-2008 07:13:25

Tidak ada komentar: