Minggu, 23 November 2008

'GARASI' IKUT FESTIVAL FILM

'GARASI' IKUT FESTIVAL FILM INTERNASIONAL REMAJA SPANYOL

London, 22/11 (ANTARA) - Film Nasional Indonesia layar lebar 'Garasi' yang disutradarai Agung Sentausa ikut meramaikan Festival Film Internasional Remaja dan anak-anak FICI 2008 yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 21 Nopember di Madrid, Spanyol.
"Garasi yang diputar di bioskop Dream Palacio de Hielo Madrid, mendapat sambutan dari masyarakat Spanyol termasuk masyarakat Indonesia yang tinggal di Madrid," ujar Pelaksana Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Madrid Allen Simarmata kepada koresponden ANTARA di London, Sabtu.

Menurut Alle, para penonton menikmati film yang bertema sosial, persahabatan dan kehidupan romantika remaja bahkan penonton ada yang larut dalam kisah yang mengundang tawa dan bahkan bertepuktangan yang merupakan wujud dari apresiasi terhadap film nasional.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Slamet S. Mustafa yang turut menyaksikan film Garasi menyampaikan rasa bangga dengan ikutnya film Indonesia dalam ajang festival internasional di Spanyol.

"Saya menyaksikan langsung bagaimana film ini direspon secara baik oleh masyarakat Spanyol," ujar Dubes dan menambahkan, partisipasi Garasi dalam ajang festival di Spanyol merupakan rangkaian kegiatan yang dijalin KBRI dengan panitia dalam mempromosikan perfilman Indonesia.

Sutradara Agung Sentausa dan salah seorang artis pendukung utama film Garasi Ayu Ratna Pratiwi turut berbaur dengan penonton menyaksikan penayangan Garasi.

Panitia Festival film Internasional FICI mensponsori kedatangan sutradara Agung Sentausa dan Ayu Ratna Pratiwi untuk menghadiri Festival FICI yang diikuti lebih dari 100 insan industri perfilman dari kawasan Asia Pasifik dan Eropa serta Amerika.

Seusai pemutaran Garasi, selain acara perkenalan dengan penonton, Ayu pun menghibur dengan memetik gitar menyanyikan lagu berjudul 'Hilang' sebagaimana yang dibawakan dalam Film Garasi.

Acara pemutaran film Garasi dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian Indonesia diantaranya Tari Cendrawasih yang dibawakan Ketut Diatmika dan Endang Kadeg, warga Indonesia yang tinggal di Madrid serta Tari piring oleh penari Dharma Wanita Persatuan KBRI Madrid.

Allen Simarmata mengatakan KBRI Madrid bekerjasama dengan panitia FICI, menyelenggarakan workshop musik tradisional Indonesia yang diikuti murid murid sekolah dasar bertempat di bioskop Palacio de hielo.

Kepada anak-anak sekolah ini diperkenalkan cara bermain angklung dengan membawakan sebuah lagu tradisonal Indonesia 'suwe ora jamu' dan hymne de allegria, lagu kebangsaan Uni Eropa.

Selain film Indonesia, festival FICI juga diikuti film dari China, India, Iran, Perancis, Mesir, Inggris, Jerman, Finlandia, Turki, Serbia, Belanda dan Spanyol.
Sebelumnya KBRI bekerjasama dengan Comunidad de Madrid juga menayangkan sebuah film nasional layar lebar ?Berbagi Suami,? demikian Allen Simarmata. (U-ZG) ***2***

(T.H-ZG/B/R007/R007) 22-11-2008 07:21:48

Tidak ada komentar: