Jumat, 07 November 2008

RI KERJASAMA AUDIT NORWEGIA

INDONESIA KERJASAMA DENGAN BADAN AUDIT NORWEGIA

London, 7/11 (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) RI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Auditor General of Norway mengenai kerjasama audit untuk sektor publik yang diadakan di kantor Auditor General Norwegia di Oslo.

Penandatangan Memorandum of Understanding itu dilakukan Ketua BPK RI, Anwar Nasution dengan Jorgen Kosmo, Auditor General of Norway, demikian Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran kepada koresponden ANTARA London, Kamis.

Dikatakannya, kerjasama Audit untuk Sektor Publik tersebut antara lain memuat kesepakatan pertukaran pakar dan pengalaman terkait dengan masalah audit dan penyelenggaraan proyek "join riset audit".

Selain itu, juga disepakati tukar pengetahuan dan pengalaman yang dilakukan melalui konsultasi dan penyelenggaraan seminar mengenai berbagai isu terkait dengan sektor publik, ujarnya .

Kerjasama yang berrlaku selama dua tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.

Dalam sambutannya, Jorgen Kosmo menyatakan Norwegia menganggap penting berbagai upaya pelestarian lingkungan, kesehatan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan kerjasama internasional dalam kerangka PBB.

Jorgen sangat menghargai Indonesia karena untuk pertamakalinya, Badan yang dipimpinnya dapat melakukan audit dan kerjasama pada tingkat internasional.

Dikatakan, Indonesia mengundang Norwegia untuk turut serta melakukan audit terhadap dana sumbangan internasional untuk bencana Tsunami di Aceh.

Diharapkan melalui kerjasama kedua negara dibidang audit dapat dikembangkan lebih lanjut.

Sementara itu, Anwar Nasution menyatakan bahwa sejak tahun 1997 sampai saat ini BPK RI telah melakukan langkah-langkah untuk menciptakan "clean government" dan mencapai hasil yang cukup signifikan.

Diharapkan, dengan ditandatanganinya MoU tersebut, auditor kedua negara dapat saling belajar, termasuk dalam upaya menangani berbagai kasus korupsi, penggelapan pajak, masalah privatisasi BUMN, dan issu audit yang menyangkut lingkungan hidup serta kesehatan.

Usai penandatanganan dilanjutkan dengan penyampaian presentasi Ketua BPK RI Anwar Nasution mengenai "Combating Corruption in Indonesia since 1997" yang dihadiri eksekutif kantor Auditor General of Norway. (U-ZG)***3***

(T.H-ZG/B/S016/S016) 07-11-2008 06:59:48

Tidak ada komentar: