Kamis, 23 Juli 2009

BRI OSLO GALANG KEMITRAAN DENGAN KRISTIANSAND

KBRI OSLO GALANG KEMITRAAN BISNIS DENGAN KRISTIANSAND

London, 23/7 (ANTARA) - KBRI Oslo menggalang kerjasama dengan para pengusaha di Kristiansand yang merupakan kota terbesar ke-lima di Norwegia yang terletak di wilayah selatan berpenduduk 4.7 juta.


Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Oslo, Mansyur Pangeran didampingi Minister Counsellor Ekonomi, Wening Esthyprobo melakukan pertemuan dengan Walikota Kristiansand, Per Sigurd S'rensen dan Ketua Kamar Dagang Kristiansand, Fred Bjerke.


Sekretaris satu KBRI Oslo, Febby Fahrani dalam keterangannya yang diterima koresponden Antara London, Kamis, mengatakan, pertemuan itu dalam upaya menjajagi dan juga mempromosikan kerjasama ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata dan budaya serta kolaborasi pendidikan.


Mengawali pembicaraan dengan Mayor Per Sigurd S'rensen, Mansyur Pangeran menyatakan, Indonesia memiliki kemiripan geografi dengan Norwegia dan sebagai negara kepulauan, yang menerapkan kebijakan mendorong peningkatan dan pelestarian sumber kekayaan laut termasuk sektor perikanan.


Melihat majunya sistem lalu lintas laut di Norwegia menjadi peluang agar pengusaha kapal Norwegia dapat melebarkan sayap ataupun bekerjasama dengan perusahaan pelayaran di Indonesia.


Sejauh ini tercatat perusahaan perkapalan Norwegia Aker Solution AS, yang berkantor pusat di Kristiansand telah melebarkan sayapnya dengan melakukan investasi sebesar 17 juta dolar AS di pulau Batam.
Di bidang pendidikan telah berjalan kerjasama antara Universitas Adger Kristiansand dengan Universitas Gajah Mada di Yogyakarta.

Ditambahkan pula bahwa Statoil Hydro perusahaan minyak pemerintah Norwegia telah melakukan investasi dan membuka kantor perwakilan di Indonesia.


Mengingat banyaknya kemiripan kedua negara dalam hal keadaan alam bahari, maritim, sumber alam minyak dan gas yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mendorong kegiatan ekonomi, kiranya peluang kerjasama kedua negara masih terbuka untuk ditingkatkan dimasa-masa mendatang.

Walikota Kristiansand menyambut baik hubungan bilateral Indonesia-Norwegia semakin meningkat dan masih banyak peluang yang dapat dijajagi kedepannya.


Dikatakan, daerah yang dipimpinnya merupakan daerah pantai yang menjadi tujuan wisata favorit bagi warga Norwegia utamanya di musim panas.

Hal ini karena kota Kristiansand terletak di ujung paling selatan dari wilayah Norwegia, sehingga mengalami musim panas dengan suhu yang lebih panas dibanding musim panas di bagian utara Norwegia.

Selain terkenal sebagai kota budaya, secara alami Kristiansand juga terletak di pantai yang dipenuhi kegiatan perikanan, perdagangan, pengeboran minyak lepas pantai, perkapalan, lalu lintas kargo dan lainnya.

Secara khusus ditekankan bahwa sebagai kota industri, Kristiansand memiliki industri drilling equipment, yang mempunyai reputasi teknologi terbaik.


Mayor Sorensen mengharapkan kiranya hubungan kerjasama ekonomi region Kristiansand dengan Indonesia seyogianya terus ditingkatkan khususnya di bidang peralatan pengeboran minyak, kelautan dan perikanan.


Rumah Sakit Aceh
Selain itu, kerjasama yang telah terjalin antara Rumah Sakit di Aceh dengan rumah sakit S'rlandet Sykehus HF, Kristiansand perlu dikembangkan khususnya kerjasama dengan bagian psikiater (Solvang Distriktpsykiatrisk) dan program pengiriman Nurse ke Aceh dari Kristiansand.
Mayor Sorensen juga menyambut baik rencana Roadshow Pemda Riau untuk mengadakan promosi perdagangan dan investasi di Oslo Oktober mendatang dan mengusulkan kalangan industri peralatan pengeboran minyak dari Kristiansand juga diundang.


Pada pertemuan dengan Ketua Kamar Dagang Region Kristiansand, Fred Bjerke, mengharapkan pengusaha Kristiansand dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan promosi bisnis, investasi dan pariwisata yang diakan oleh KBRI Oslo.


Bjerke menyambut baik rencana Roadshow Pemprop Riau ke Oslo Oktober mendatang untuk melakukan promosi perdagangan dan investasi di Indonesia.

Diharapkan melalui forum-forum promosi tersebut Indonesia dapat lebih dikenal oleh pengusaha/importir/investor Norwegia.


Kristiansand merupakan kota tujuan wisata terfavorit di musim panas, dapat berpeluang bagi pasar produk dari Indonesia khususnya pakaian jadi dan alas kaki dan peralatan linen lainnya khususnya yang berasal dari negara tropis.


Selain itu, kerjasama di sektor pendidikan dan kesehatan juga perlu dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan di masa mendatang.


Kota Kristiansand merupakan kota pariwisata terfavorit pada musim panas, serta kota bisnis dan pendidikan yang sekaligus menjadi ibukota dari region Agder yang berpenduduk sekitar 250 ribu jiwa.


Kristiansand mempunyai pelabuhan laut untuk kapal cargo dan kapal wisata (cruise) yang menghubungkan kota ini dengan Denmark yang dapat ditempuh selama tiga setengah jam, sehingga kota ini dijuluki dengan "Gateway of Europe".


Kota Kristiansand adalah kota tua yang sebelumnya ditemukan oleh King Christian tahun 1641, kemudian berkembang menjadi kota administratif dengan jumlah penduduk 80 ribu jiwa. ***3***
(U.ZG/


(T.H-ZG/B/M012/C/M012) 23-07-2009 16:52:36

Tidak ada komentar: