Sabtu, 11 Juli 2009

WNI DI SLOVAKIA MANTAP MEMILIH SBY

Pemilu - WNI DI SLOVAKIA MANTAP MEMILIH SBY-BOEDIONO

London, 11/7 (ANTARA) - Mayoritas masyarakat Indonesia di Slovakia dengan mantap menjatuhkan pilihannya kepada pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)- Boediono untuk melanjutkan memimpin Indonesia untuk masa lima tahun mendatang.

Dalam rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2009 yang dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bratislava baik secara langsung maupun melalui pos pasangan SBY-Boediono menang telak dengan meraih sebanyak 75 suara, pasangan Megawati-Prabowo memperoleh 11 suara, dan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto hanya memperoleh lima suara.

Sekretaris Satu Pensosbud KBRI Bratislava Wanton Saragih Sidauruk dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan
penghitungan dan rekapitulasi keseluruhan suara dilaksanakan pada tanggal 10 Juli menyusul Perhitungan dan rekapitulasi suara sementara dari TPS LN Bratislava yang dilakukan 8 Juli lalu.

Penghitungan keseluruhan suara dilaksanakan setelah seluruh surat suara melalui pos diterima PPLN pada tanggal 10 Juli yang disaksikan Duta Besar RI Bratislava dan juga berbagai unsur masyarakat Indonesia dan staf KBRI Bratislava.

Menurut Wanton Saragih Sidauruk, jumlah pemilih yang memberikan suara melalui TPS LN Bratislava, Slovakia sebanyak 35 orang dan melalui Pos 56 orang sehingga jumlah keseluruhan pemilih 91 orang.

Jumlah pemilih tersebut terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 87 orang dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 4 orang.

Domisili pemilih yang terdaftar dalam DPT warga Indonesia yang tinggal di Slovakia terkonsentrasi di tiga kota yakni 31 orang di Bratislava, yang hampir seluruhnya dari keluarga besar KBRI Bratislava.

Sementara sebanyak 36 orang berdomisili di Hurbanovo mereka adalah para TKI yang saat ini bekerja di perusahaan elektronik PT. Nuritech, 15 orang di Nitra, yakni para TKI yang sedang bekerja di perusahaan elektronik PT. Daidong.

Sementara itu, warga Negara Indonesia lainnya, sebanyak lima orang tersebar di beberapa kota lainnya seperti Martin dan Sliac.

Keseluruhan suara yang diberikan baik melalui TPS dan Pos pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di Slovakia ini dinyatakan sah.

Sesuai dengan hasil perhitungan dan rekapitulasi suara tersebut, Duta Besar RI Bratislava, Harsha. E. Joesoef dalam sambutannya menyampaikan penghargaannya khususnya kepada pemilih yang telah melakukan pencontrengan dengan benar sehingga keseluruhan suara dinyatakan sah.

Dubes Joesoef juga menyambut positif pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang berjalan lancar dan sukses sampai dengan pelaksanaan hasil penghitungan dan rekapitulasi suara akhir di Slovakia, demikian Wanton Saragih Sidauruk. (U-ZG)***1***

(T.H-ZG/B/B013/B013) 11-07-2009 06:50:18

Tidak ada komentar: