Senin, 06 Juli 2009

PENGUNJUNG "ALL NATIONS FES" DI BERLIN

PENGUNJUNG "ALL NATIONS FESTIVAL" DI BERLIN MEMBELUDAK

London, 6/7 (ANTARA) - Lebih dari seribu orang menyaksikan berbagai atraksi kesenian dan budaya Indonesia yang digelar KBRI Berlin dalam rangka "All Nations Festival 2009", baru-baru ini.

Kegiatan itu diikuti 25 negara. Keikutsertaan KBRI Berlin merupakan yang keenam kalinya, dan berhasil mencatat rekor 1.045 pengunjung yang memadati Aula KBRI Berlin, ujar Counsellor Sosbud & PIPP KBRI Berlin, Agus Priono, kepada koresponden Antara London, Senin.

Dikatakanya, Aula KBRI Berlin dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan berbagai atraksi budaya, sajian kuliner dan produk kerajinan serta informasi mengenai Indonesia.

Menurut Agus Priono, jumlah pengunjung mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang tercatat 950 orang, selama berlangsungnya 'open houseo yang digelar dari pukul 11 siang hingga pukul 6 sore.

Dikatakannya, kemeriahan semakin bertambah dengan kehadiran artis Jerman, Barbara Schoneberger, didampingi panitia All Nations Festival secara khusus berkunjung ke KBRI Berlin.

Pada kesempatan tersebut, Barbara dengan senang hati melantunkan lagu bersama Dubes dan Ny Eddy Pratomo diiringi Band KBRI Berlin, DM Besi.

Sementara itu, Dubes RI Berlin Eddy Pratomo dalam sambutannya antara lain menekankan pentingnya 'All Nations Festival' dalam rangka mendekatkan Indonesia kepada masyarakat Jerman melalui budaya.

Dubes menyampaikan keyakinannya bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan saling pengertian antara masyarakat kedua negara melalui "people to people contact".

Diharapkannya masyarakat Jerman khususnya di Berlin dapat berkunjung ke Indonesia untuk menikmati berbagai pesona wisata dan keunikan yang ditawarkan Indonesia.

Dubes juga menginformasikan KBRI Berlin memberikan kesempatan kepada masyarakat Jerman yang tertarik untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia di KBRI Berlin atau melalui program beasiswa Dharmasiswa.

Stand KBRI menyajikan acara bervariasi antara lain tarian-tarian dari berbagai daerah, pencak silat, gamelan, angklung dan Band KBRI Berlin yang membawakan lagu-lagu daerah.


Demo membuat ketupat
Selain itu, juga diadakan demo keterampilan membuat ketupat yang menarik minat pengunjung yang sejak acara dibuka secara terus menerus memadati tempat acara.

Pengunjung juga menikmati hidangan Waroeng Podjok yang disediakan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Berlin, dengan menyajikan masakan Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, bakso, dan bakwan Malang.

Pengunjung yang tertarik belajar angklung dan keterampilan membuat bungkus ketupat langsung mendapatkan bimbingan dari petugas yang selalu siap sedia melayani.

Sementara penampilan pencak silat, musik gamelan serta tarian yang dibawakan pemuda-pemudi dan anak-anak Jerman mendapatkan apresiasi pengunjung yang takjub karena budaya Indonesia bisa juga dimainkan oleh orang Jerman.

KBRI Berlin juga menyediakan hadiah berupa satu tiket pesawat Frankfurt - Jakarta/Bali (pp) bagi pengunjung Jerman yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait dengan tema dan acara. (U-ZG) ***5***
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 06-07-2009 22:14:43

Tidak ada komentar: