Senin, 06 Juli 2009

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN DI PARIS

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN DI PARIS

London, 6/7 (ANTARA) - Indonesia meraih penghargaan untuk mobil hias terbaik dalam acara Carnaval Tropical de Paris 2009 yang diselenggarakan pemerintah Kota Paris dan Federasi Carnaval Tropical de Paris Ile-de-France, baru-baru ini.

Mengusung tema 'Unite dans la Diversite' (Bhinneka Tunggal Ika), Indonesia mempersembahkan tarian kecak dan mobil hias bernuansa tradisional Bali, dalam karnaval yang diikuti 34 kontingen dari berbagai negara itu.

Sekretaris III Pensosbud KBRI Paris, Gustaf Sirait, kepada koresponden Antara London, Senin, mengatakan, sepanjang jalur karnaval, iring-iringan kontingen Indonesia mendapat sambutan dan antusias penonton.

Karnaval tahun ini menempuh rute dari Place des Nations sampai ke Porte de Pantins yang dipenuhi sekitar lima puluh ribu penonton, dan disiarkan secara langsung oleh stasiun TV Perancis, "France O". Banyak penonton turut berdecak kagum melihat kontingen Indonesia, ujar Gustaf.

Dikatakannya Carnaval Tropical de Paris Ile-de-France merupakan salah satu karnaval terbesar dan 'event' tahunan unggulan kota Paris. Tahun ini, Kolombia menjadi tim tamu kehormatan Guadelopue dan Martinique, dengan lebih dari 2.000 penari dan musisi.

Menurut Gustaf Sirait, karnaval yang memasuki edisi ke-8 ini memberikan berbagai penghargaan kepada kontingen-kontingen dengan penampilan terbaik.

Juri karnaval yang terdiri dari berbagai artis Perancis memuji koreografi kecak yang melambangkan perang antara kebaikan dan kejahatan yang ditampilkan Indonesia di depan tribun kehormatan.

Sementara Wakil Walikota Perancis, Hamou Boakkaz, menyampaikan apresiasinya pada kontingen Indonesia, karena tidak seperti mayoritas kontingen lainnya yang menampilkan penari/musisi yang didatangkan dari negaranya.

Kontingen Indonesia merupakan perpaduan dari anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Perancis, Staf KBRI Paris, dan warga negara asing pencinta Indonesia di bawah bimbingan Dosen Institut Seni Indonesia, Denpasar, Nyoman Kariasi.

Gustaf Sirait mengatakan KBRI Paris menjadikan karnaval sebagai agenda tahunan yang dapat menjadi ajang memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia, melalui persembahan kesenian disertai dengan penyebaran ribuan cenderamata dan brosur tentang wisata Indonesia.

Diharapkan partisipasi Indonesia dapat terus meningkatkan promosi budaya dan wisata Indonesia di Perancis, demikian Gustaf Sirait. (U-ZG)***5***
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 06-07-2009 22:35:46

Tidak ada komentar: