Selasa, 21 Juli 2009

DUBES RESMIKAN PERLUASAN IIC DI LONDON

DUBES RESMIKAN PERLUASAN IIC DI LONDON

London, 20/7 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Octavian Thamrin meresmikan perluasan gedung Indonesian Islamic Centre (IIC) beralamat di 22 Wakemans Hill Avenue London NW9 0TY dengan pengambilan air wudhu dan sholat zuhur berjamaah bersama umat Islam Indonesia di London, Minggu .

Sholat dengan imam Ketua Keluarga Besar Islam Indonesia se-Britania Raya (KIBAR) Muhammad Muhtar Arifin Soleh juga dihadiri pejabat KBRI, perbankan dan BUMN yang berada di Inggris serta lebih dari 300 warga Indonesia di London, Birmingham, Sheffield, Exeter, Manschester, Huddersfield, Bristol dan daerah lainnya .

Mantan sekretaris umum KIBAR.Saharman Gea kepada koresponden Antara London, Senin mengatakan seluruh masyarakat Indonesia larut dalam kebahagiaan dan penuh rasa syukur karena masjid yang diidamkan, walau masih kecil namun dapat mewadahi kegiatan ummat Islam Indonesia di negeri Ratu Elizabeth ini.

Dalam sambutannya ini Duta Besar Yuri Thamrin berpesan agar IIC tidak hanya dipusatkan sebagai tempat ibadah semata tetapi juga harus dimanfaatkan secara maksimal bagi kegiatan lain seperti pendidikan dan sosial.

Yuri Thamrin mengatakan perluasan dan pembenahan fisik dibarengi dengan peningkatan program kegiatan yang dapat menyentuh dan bermanfaat bagi warga khususnya Muslim Indonesia yang berada di Inggris.

Sebelumnya Ketua IIC, Asyari Usman melaporkan keinginan untuk mendapatkan tempat sholat yang memadai bagi warga yang digaungkan sejak 20 tahun yang lalu, akhirnya terwujud meskipun berbagai kendala IIC baru dapat dibentuk sekitar tujuh tahun kemudian.

Diharapkan IIC akan menjadi cikal bakal Masjid Indonesia di Inggris Raya yang lebih representatif yang benar-benar dapat menampung dan memfasilitasi semua aktivitas kaum Muslimin Indonesia.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa peresmian perluasan IIC berkat dukungan dari masyarakat dan semua pihak termasuk KBRI London yang tiada hentinya.

Acara peresmian ditutup dengan kegiatan lelang dan bazar.

Masyarakat menyumbang perabotan dan alat yang diperlukan oleh IIC seperti slide projector dan screen, lemari buku, gorden, lemari es, sound system dan papan tulis, hadirin juga menyumbang dana melalui pembelian barang-barang yang telah disediakan oleh panitia.

Kegiatan bazar yang menyediakan aneka ragam makanan khas Indonesia yang dilaksanakan di halaman belakang IIC dimana semua keuntungan akan disumbangkan kepada IIC turut menyemarakkan acara, demikian Saharman Gea. .***5***

ZG/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 20-07-2009 12:45:23

Tidak ada komentar: