Selasa, 11 Mei 2010

CASA ASIA SIAP PERERAT KERJA SAMA DENGAN INDONESIA

CASA ASIA SIAP PERERAT KERJA SAMA DENGAN INDONESIA

London, 11/5 (ANTARA) - Casa Asia, lembaga di bawah naungan Kementerian Luar Negeri Spanyol yang berkonsentrasi pada kerja sama dengan negara-negara di kawasan Asia, menyatakan siap meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Casa Asia, Jesus Sanz kepada Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, dalam kunjungannya ke Barcelona baru baru ini, ujar Sekretaris III KBRI Madrid, Krisnawati Desi Purnawestri kepada koresponden Antara London, Selasa.

Sanz mengatakan bahwa masih banyak potensi kerja sama yang dapat digali dalam hubungan Indonesia-Spanyol. Masyarakat Spanyol perlu mengenal Indonesia secara lebih mendalam, baik tentang seni, budaya, maupun kehidupan masyarakatnya.

Dalam pertemuan tersebut Dubes menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama yang dijalin antara KBRI Madrid dengan Casa Asia selama ini, khususnya dalam acara Festival Asia yang diadakan setiap tahun, dan dukungan Casa Asia dalam pelaksanaan Travel Trade Investment (TTI).

Dubes mengatakan kerja sama ini perlu ditingkatkan di berbagai aspek, mengingat banyaknya persamaan yang dimiliki ke dua negara.

Untuk itu pemerintah Indonesia berharap dapat menyelenggarakan simposium Indonesia di Casa Asia seperti yang telah dibina Casa Asia dengan Korea Selatan, Filipina, dan India.

Simposium akan terdiri atas berbagai pemangku kepentingan dan unsur masyarakat, mulai dari kalangan pemerintah, akademisi, agamawan, dan seniman.

Diakui selama ini Casa Asia belum memberikan fokus terhadap Indonesia, untuk itu diharapkan dapat memberikan perhatian terhadap Indonesia, termasuk kebudayaannya.

Sanz menyatakan akan memberikan prioritas bagi Indonesia setelah melihat banyak pakar Indonesia yang memiliki artikulasi yang sangat baik dalam beberapa isu. Kerja sama yang ingin dikembangkan antara lain di bidang interfaith dialogue, tourism dan gender.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 11-05-2010 07:58:21

Tidak ada komentar: