Rabu, 12 Mei 2010

"Splendor of Indonesia" Tampil di Bulgaria

"Splendor of Indonesia" Tampil di Bulgaria

Kamis, 13 Mei 2010 07:55 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 134 kali
London (ANTARA News) - Penampilan tim kesenian Cindai dari Sumatra Utara yang berkolaborasi dengan grup kesenian KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara, memukau penonton di arena pertunjukan di Gedung Theatre di Kota Stara Zagora, Bulgaria.

"Stara Zagora merupakan kota pertama yang dikunjungi rombongan safari seni budaya Sumut yang bertajuk `Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatra`," ujar Sekretaris Kedua KBRI Sofia Djarot Purwoko Putro kepada koreponden ANTARA London, Kamis.

Djarot Purwoko Putro menyebutkan, Gedung Theatre yang dipadati lebih dari 200 undangan, terlihat begitu mengagumi setiap tarian dan lagu yang ditampilkan tim kesenian. Hal itu terungkap dari gemuruhnya tepuk tangan di setiap akhir pertunjukan.

Safari budaya tersebut tampak dihadiri Dubes RI dan Ny Fely Rose Inkiriwang, Wakil Walikota Stara Zagora Boyan Daskalov, delegasi Pemerintah Provinsi Sumut dipimpin Kepala BPM Sumut, Salman Ginting.

Pada akhir acara, sebagai tanda penghargaan dan persahabatan, Ketua Delegasi Sumut mengalungkan ulos kepada Wakil Walikota Daskalov.

Dubes Immanuel Robert Inkiriwang mengatakan, melalui pementasan seni budaya Sumut diharapkan dapat lebih mendekatkan dan meningkatkan hubungan Indonesia dan Bulgaria. Selain itu juga lebih mengenalkan kekayaan budaya bangsa Indonesia yang beragam kepada masyarakat Bulgaria.

Melalui promosi ini, lanjut dia, masyarakat Sumut selain bisa melakukan wisata juga dapat memanfaatkannya untuk melihat peluang bisnis dan kemungkinan adanya investor yang bisa masuk ke Indonesia.

Dubes juga mengundang hadirin memilih Taman Nasional Pulau Komodo dalam final pemilihan New 7 Wonders of Nature, karena Dubes memilih Belogradchik Rocks yang dicalonkan Bulgaria, namun disayangkan tidak masuk final.

Budaya eksotik
Wakil Walikota Daskalov, atas nama seluruh warga kota, menyampaikan penghargaannya, karena warga Kota Stara Zagora berkesempatan menikmati pertunjukan seni budaya "eksotik" dari negeri yang sangat jauh. Ini penting untuk mendekatkan hubungan kedua bangsa.

Menurut Daskalov, pertunjukan seni budaya ini dapat menjadi langkah awal untuk lebih meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi perdagangan dan investasi, pendidikan dan lainnya.

Pementasan Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatra merupakan tindak lanjut pertemuan Dubes dengan Walikota Stara Zagora, yang menyepakati beberapa kerja sama antara KBRI dan Municipality Stara Zagora.

Kesepakatan itu antara lain berupa penyelenggaraan seminar bisnis dengan Kadin dan masyarakat pebisnis Stara Zagora, yang dalam kesempatan itu Dubes meyampaikan paparannya bertema Business Opportunity in Indonesia.

Stara Zagora terkenal dengan Universitas Pertanian "Trakia", dan mengharapkan adanya kerja sama dengan universitas pertanian di Indonesia.

Safari pementasan Splendor of Indonesia: Dances and Songs from North Sumatra akan dilanjutkan di Kota Plovdiv dan Kota Ruse, demikian Sofia Djarot Purwoko.
(H-ZG/P004)

Tidak ada komentar: